Percuma Jika Konsumsi Makanan Sehat yang Disimpan dalam Wadah Plastik?

Percuma Jika Konsumsi Makanan Sehat yang Disimpan dalam Wadah Plastik?

  • Editor : MeetDoctor
  • Saturday, 07 November 2015
  • 01:00 pm

Anda mungkin mengonsumsi makanan sehat, tapi jika itu di dalam wadah plastik, mungkin bisa berbahaya karena kandungan bahan kimianya

Intisari-Online.com - Anda mungkin mengonsumsi makanan sehat, tapi jika itu di dalam  wadah plastik, mungkin bisa berbahaya karena kandungan bahan kimianya. Evaluasi terhadap lebih dari 1.300 studi mengatakan, ada bukti yang meyakinkan bahwa bahan kimia dapat menganggu keseimbangan hormon dan dapat memicu beberapa masalah kesehatan kronis, seperti diabetes, kegemukan, penyakit jantung, infertilitas, jenis kanker yang berkaitan dengan hormon misalnya kanker payudara, endometrium, dan ovarium, kanker prostat, masalah tiroid, gangguan perkembangan otak pada anak-anak.

Beberapa bahan kimia yang disinyalir mungkin mengganggu hormon adalah bisphenol A (BPA) dan bisphenol S yang banyak digunakan dalam barang-barang yang terbuat dari plastik dan kaleng wadah makan, beberapa jenis pestisida seperti DDT dan triklosan.


Wadah Plastik yang Aman

Seringkali kita tidak bisa menghindari kebutuhan akan wadah plastik. Untuk mereduksi bahayanya, penting bagi Anda untuk memilih produk yang aman. Wadah plastik yang aman memiliki beberapa tanda seperti:

1. Simbol Food Grade: gambar gelas dan garpu, berarti wadah tersebut aman untuk digunakan untuk makanan dan minuman. Sebaliknya, jika gambar gelas dan garpu tersebut dicoret, berarti wadah tersebut tidak aman untuk makanan dan minuman.

2. Simbol Freezer Save: gambar bunga salju, berarti wadah aman digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman dengan suhu rendah atau beku. Sebaliknya, jika gambar bunga sakju dicoret maka wadah tidak boleh untuk disimpan dalam lemari pendingin.

3. Simbol Microwave Save: gambar garis bergelombang, berarti wadah aman untuk digunakan sebagai penghangat makanan di dalam microwave, karena tahan suhu yang tinggi. Sebaliknya, gambar garis bergelombang dicoret, wadah tidak boleh digunakan untuk menghangatkan makanan di dalam microwave, tidak tahan suhu yang tinggi atau panas.

4. Simbol Oven Save: gambar oven (dua garis horizontal), berarti aman digunakan sebagai penghangat makanan di dalam oven. Meskipun terbuat dari plastik, tetapi tahan suhu tinggi. Sebaliknya, jika gambar tersebut dicoret, berarti wadah tidak tahan suhu tinggi.


Selain itu, di wadah plastik juga biasanya ada simbol segitiga dengan angka di tengahnya. Angka-angka itu memiliki makna:

Angka. 1: PETE atau PET (Polythylene Terephthalate)
Biasa terdapat pada botol plastik transparan air minum dalam kemasan. Simbol seperti ini menandakan wadah plastik hanya boleh digunakan sekali pakai, tidak boleh diisi ulang apalagi pakai air panas, karena bisa mengeluarkan zat karsinogenik atau zat memicu penyakit kanker.

Angka 2: HDPE (High Density Polythylene)
Biasa terdapat pada botol berwarna putih susu, galon air minum, kursi dan kemasan susu. Simbol ini berati  hanya boleh dipakai sekali sebagai kemasan pangan.

Angka 3: V atau PVC (Polyvinyl Chloride)
Menunjukan plastik yang sulit didaur ulang.  Kandungan plastik ini bisa lumer dan bercampur pada makanan pada suhu -15 derajat Celcius dan bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

Angka 4: LDPE (Low Density Polythylene)
Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan sehingga tidak masuk kategori sahabat Bumi, tetapi cukup baik sebagai tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan di dalamnya.

Angka 5: PP (Polypropylene)
Sering digunakan sebagai bahan pembuatan botol obat, pelapis bungkus sereal, pipet, dan pembungkus potato chips. Plastik dengan angka 5 di kode recycle disebutkan cukup aman untuk kesehatan.

Angka 6: PS (Polystyrene)
Kemasan plastik dengan angka enam, contohnya adalah styrofoam. Produk dengan simbol ini hanya bisa dipakai satu kali dan mudah mengeluarkan senyawa berbahaya jika terpapar makanan dengan suhu panas. Bahan ini harus dihindari, karena  berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen, pertumbuhan dan sistem saraf, dan  sulit didaur ulang.

Angka 7: Plastik jenis ini berbahan PC (Polycarbonate) atau bahan lainnya.
Digunakan pada pembuatan botol minum bayi dan botol pendingin air. Hati-hati dengan plastik dengan angka 7, karena Bisphenol A (BPA) yang terkandung bisa larut dan menyebabkan gangguan atau kerusakan kromosom.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan
Sumber: Meetdoctor.com

Author :

MeetDoctor

Komentar

Berita Terkait

3 Tips Sederhana Mengejar Resolusi Sehat di Tahun 2017

Tidak perlu pusing memikirkan cara agar lebih sehat di tahun

Inilah 6 Posisi Tidur dan Pengaruhnya pada Kesehatan

Tahukah Anda, tidak hanya soal kenyamanan, posisi tidur

Terkait dengan Kerusakan Otak, Satu dari 10 Bahaya

Saat ini, sebagian besar dari kita kerap melakukan

3 Kondisi Lidah Ini Tunjukan Anda Sedang Tidak Sehat

Lidah adalah sumber informasi kesehatan yang agak diabaikan.

Berita Lainnya

3 Tips Sederhana Mengejar Resolusi Sehat di Tahun 2017

Tidak perlu pusing memikirkan cara agar lebih sehat di tahun

Inilah 6 Posisi Tidur dan Pengaruhnya pada Kesehatan

Tahukah Anda, tidak hanya soal kenyamanan, posisi tidur

Terkait dengan Kerusakan Otak, Satu dari 10 Bahaya

Saat ini, sebagian besar dari kita kerap melakukan

5 Tip Eliminasi Lemak di Punggung Belakang

Gumpalan lemak di belakang punggung dan pinggang belakang