4 Cara Bahagiakan Pelanggan

4 Cara Bahagiakan Pelanggan

  • Editor : Birgitta Ajeng
  • Friday, 26 April 2013
  • 11:00 am

Sesungguhnya, keberhasilan bisnis Anda tergantung pada cara Anda memperlakukan pelanggan. Bagaimana cara Anda memperlakukan mereka?

Intisari-Online.com - Jika Anda seorang pengusaha, bagaimana cara Anda memperlakukan pelanggan? Apakah Anda ramah terhadap mereka? Apakah Anda pernah memberi penghargaan untuk pelanggan? Atau Anda justru acuh tak acuh terhadap mereka?

Berhati-hati lah! Sesungguhnya, keberhasilan bisnis Anda tergantung pada cara Anda memperlakukan pelanggan. Membina hubungan dengan pelanggan adalah hal penting bagi perkembangan bisnis Anda, demikian saran Josh Golden, CEO sebuah perusahaan konsultan digital Table XI.

"Setelah 11 tahun berkecimpung di bisnis konsultasi teknologi, saya telah belajar bahwa ada dua hal yang tidak akan pernah dilupakan pelanggan, yaitu kemampuan Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka dan cara Anda memperlakukan mereka," kata Golden.

Menurut Golden, ketika perusahaan-perusahaan sudah berkembang, mereka sering kehilangan kontak dengan para klien. Saat perusahaan baru berdiri, para pemilik perusahaan tahu kebutuhan setiap klien, namun karena bisnis semakin berkembang, mereka melepaskan tanggung jawab itu dan menyerahkannya kepada orang lain.

"(Ketika pertama kali perusahaan berdiri) saya memiliki semua informasi yang saya butuhkan tentang para pelanggan untuk mengantisipasi masalah yang terjadi pada mereka," kata Golden. "Sekarang, saya masih mengambil peran aktif membangun hubungan dengan pelanggan," imbuhnya.

Untuk menjaga hubungan dan membahagiakan para pelanggan, Golden memberikan empat saran. Berikut pemaparannya.

  1. Delegasi.
    Pemilik perusahaan perlu mendelegasikan beberapa tanggung jawab, yang terkait komunikasi dengan para pelanggan, kepada orang lain di perusahaan mereka. Pemilik perusahaan tidak bisa mengembangkan perusahaan mereka jika harus menanggapi 200 email per hari dari klien. Tetapi pada saat yang sama, perusahaan tidak bisa tumbuh jika kebutuhan pelanggan mereka diabaikan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mempekerjakan seseorang untuk mengelola kebutuhan klien setiap hari.

  2. Beri kejutan yang menyenangkan.
    Untuk membina hubungan baik dengan pelanggan, Anda mewakili perusahaan bisa memberikan tiket nonton film gratis. Anda bisa memberikan kejutan kepada para pelanggan untuk menyenangkan mereka.

  3. Menghubungi pelanggan.
    Setiap tiga bulan sekali, Anda bisa menghubungi beberapa pelanggan untuk bertanya mengenai pelayanan perusahaan. Atau, Anda bisa menghubungi mereka untuk memastikan apakah kebutuhan mereka sudah terpenuhi.

  4. Penghargaan untuk pelanggan.
    Anda bisa menggelar workshop gratis. Di dalam workshop itu Anda bisa menyelipkan acara pemberian penghargaan kepada pelanggan setia. Penghargaan untuk klien sangat penting, sebab hal ini membuat mereka merasa dihargai. (BusinessNewsDaily)

 Selamat menjalankan empat langkah demi memikat pelanggan.

Author :

Birgitta Ajeng

Komentar

Berita Terkait

Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan Dengan Cara Sederhana

Meningkatkan jiwa kepemimpinan dapat dilakukan dengan cara

Cara Mengatasi Kemalasan Usai Liburan

banyak orang yang justru mengalami post vacation blues,

Tiga Cara Ini Bantu Anda Keluar dari Ketidakpastian

Berada dalam ketidakpastian kerja tidak hanya mengganggu

Berita Lainnya

9 Keuntungan Apabila Kita Bekerja di Perusahaan Apple

Komputer Mac, iPhone dan iPod menjadi produk populer yang

Inilah 6 Tips Membangkitkan Passion di Tempat Kerja

Untuk meningkatkan kualitas diri, ada baiknya menggunakan 6

Tingkatkan Jiwa Kepemimpinan Dengan Cara Sederhana

Meningkatkan jiwa kepemimpinan dapat dilakukan dengan cara

Karier-Karier dengan Tingkat Stres Tertinggi

Jika tingkat tekanan dalam bekerja menjadi salah satu faktor