Salah satu trik menghemat bisa dengan membuat toples uang sebagai tempat tabungan

Delapan Trik Pintar Menghemat Uang pada Tahun Ini

  • Editor : Hery Prasetyo
  • Monday, 09 January 2017
  • 12:00 pm

Ingin lebih hemat di 2017? Hemat bagian dari manajemen keuangan yang penting. Coba delapan trik pintar menghemat uang pada tahun ini.

Intisari-Online.Com – Apa resolusi yang Anda buat tahun 2017 terkait keuangan? Apakah ingin lebih banyak menyisihkan pendapatan dan mengurangi pengeluaran yang tidak penting? Jika ya, berikut ada delapan trik pintar menghemat uang

1. Tabungan otomatis

Cara termudah untuk menyisihkan uang adalah dengan menggunakan tabungan otomatis. Ketika mendapat gaji di rekening, nantinya akan langsung terpotong untuk menyimpannya di tabungan Anda. Jadi, tidak perlu repot-repot mentransfernya lagi ke rekening lain. Anda bisa menentukan sendiri nominal tabungan yang diinginkan setiap bulannya.

2. Membawa bekal makan siang

Alicia Adamczyk, penulis di sebuah media, menghabiskan 160 dolar AS atau sekitar Rp2,1 juta setiap bulannya hanya untuk membeli makan siang. Membawa bekal makan siang dari rumah bisa mengurangi pengeluaran tersebut.

3. Membuat toples uang

Salah satu trik pintar menghemat uang di tahun ini adalah menggunakan toples untuk menyimpan uang-uang Anda. Berbeda dengan tabungan di bank, di toples ini Anda bisa menabung dengan ‘unik’. Misalnya, sebagai tempat menyimpan koin atau uang kertas yang jumlahnya sama.

4. Menyeimbangkan kebiasaan buruk dengan baik

Apakah Anda memiliki kebiasaan buruk yang sering dilakukan? Inilah saatnya  ‘menebus’ kesalahan tersebut dengan hal positif terkait keuangan Anda. Misal, setiap Anda mengonsumsi makanan tidak sehat, Anda harus ‘membayar’ Rp20 ribu dan menyimpannya di tabungan.

5. Mendapat bantuan dari aplikasi

Saat ini, sudah tersedia banyak aplikasi keuangan. Aplikasi-aplikasi ini bisa membantu kita mengatur pemasukan dan pengeluaran. Dengan bantuan mereka, kita bisa melihat seberapa banyak uang yang sudah kita keluarkan dan apakah untuk sesuatu yang penting. Sebuah aplikasi baru bernama Earny bahkan bisa menghubungkan e-mail dengan akun Amazon untuk melacak pembelian yang dilakukan secara online.

6. Hentikan kebiasaan membeli kopi di pagi hari

Coba hitung berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk membeli kopi setiap pagi. Apalagi, jika membelinya di kedai kopi yang harganya cukup mahal. Mungkin Anda bisa membatasinya dengan meminum kopi beberapa hari sekali dan tidak membelinya setiap hari. Atau bisa juga dengan membuatnya sendiri di rumah.

7. Berjalan kaki ke kantor

Jika kantor Anda tidak terlalu jauh, sebaiknya berjalan kaki saat menuju ke sana. Selain bisa lebih hemat, trik ini juga baik untuk kesehatan. Namun, jika cara ini tidak memungkinkan, Anda bisa mencoba menggunakan transportasi umum ke kantor yang biayanya lebih murah.

8. Simpan uang kembalian

Anda bisa menyisihkan uang kembalian untuk masuk ke tabungan dan jangan digunakan lagi. Misal, jika mendapat uang kembalian kurang dari Rp20 ribu maka Anda harus menabungnya.

Itulah delapan trik pintar menghemat uang yang bisa kita coba tahun ini. Semoga berhasil!


Sumber : time.com

Author :

Lintang Bestari

Komentar

Berita Terkait

Berikut Adalah 5 Cara Sederhana Menghemat Uang

pakah Anda tahu bahwa kita bisa menghemat uang sekaligus

Sehat dan Hemat dengan 'Urban Farming'

Dengan melakukan urban farming, masyarakat perkotaan yang

Menabung Setengah dari Penghasilan: Cerdas Berhemat

Bagi sebagaian orang, menabung setengah dari penghasilan

Ini Cara Berhemat dengan Mudah Setiap Hari

Banyak pengeluaran yang dilakukan setiap hari. Dimulai dari

Berita Lainnya

Baru Saja Menikah Berarti Cara Kita Mengelola Uang Juga

Setelah menikah, hal yang perlu diperhatikan adalah

Sedang Bingung Pilih Program KPR? Bank-bank Ini

Bank yang dimaksud adalah BCA, BTN dan Bank Mandiri. Salah

Meski Ada Freeport, Indonesia Tak Masuk 10 Negara

World Gold Council baru saja mengumumkan negara-negara

Ingin Membeli Mobil Tapi Masih Ragu Mau Tunai atau

Keputusan untuk membeli mobil secara tunai atau kredit perlu