Cara Alami Menekan Nafsu Makan

Cara Alami Menekan Nafsu Makan

  • Editor : K. Tatik Wardayati
  • Thursday, 09 August 2012
  • 05:08 pm

Mengontrol berat badan bukan hanya karena asupan makanan, tapi juga gaya hidup sehari-hari.

Intisari-Online.com – Mengontrol berat badan bukan hanya dipengaruhi oleh sejumlah besar asupan makanan. Tapi juga dari gaya hidup sehari-hari. Jika hanya menekan nafsu makan dengan mengurangi makan, Anda keliru. Ini mungkin saja akan membuat tubuh Anda terlihat tipis, tetapi asupan kalori dan nutrisi berkurang.

Berikut ini tujuh strategi yang dapat membantu menekan nafsu makan secara alami, seperti dilansir oleh fitsugar.

  • Minum lebih banyak air. Banyak orang tidak bisa membedakan rasa lapar dan dehidrasi. Kadang-kadang Anda merasa perut kosong dan menafsirkannya sebagai rasa lapar, akhirnya makan makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh. Padahal sebenarnya tubuh kita mengalami dehidrasi.
  • Olahraga. Buang jauh-jauh pikiran bahwa olahraga membuat rasa lapar lebih besar, yang akhirnya membuat kita makan terlalu banyak. Itu tidak benar. Olahraga justru akan membantu mengurangi nafsu makan kita.
  • Jangan lewatkan sarapan. Dalam kegiatan sehari-hari, sarapan adalah kunci keberhasilan. Oleh karena itu, jangan dilewatkan. Jika kita tidak sarapan, maka akan merasa sangat lapar di siang hari, yang akhirnya membuat kalap, makan siang dengan porsi yang lebih besar dan akhirnya merasa terlalu kenyang. Itu tidak baik bagi tubuh. Dengan sarapan maka metabolisme tubuh akan bekerja lebih awal, dan membantu kita bersemangat untuk menjalani kegiatan.
  • Konsumsi protein. Protein dapat membantu kita mempertahankan energi dan bersemangat sepanjang hari. Oleh karena itu, kita harus makan makanan rendah kalori dan sarapan tinggi protein.
  • Konsumsi teh. Kebiasaan ngemil setelah makan harus diganti dengan konsumsi teh panas yang akan membantu kita merasa lebih kenyang dan memuaskan rasa lapar.
  • Jujur dengan diri sendiri. Apakah Anda makan makanan ringan seperti keripik, cokelat, es krim, permen, kue, dan makanan ringan tidak sehat lainnya ketika merasa lelah atau stres? Akuilah dan ubah kebiasaan buruk itu.
  • Makan teratur. Makan sekali atau dua kali sehari dengan porsi besar adalah kesalahan besar. Yang penting adalah makan secara teratur tiga sampai lima kali sehari dengan porsi kecil. Ini akan menghindari kita merasa lapar yang sering membuat kita makan berlebihan.

Author :

K. Tatik Wardayati

I like food

I like eat

I like cooking

Komentar

Berita Terkait

Begini Cara Membuat Video Facebook Year in Review

Jejaring sosial Facebook kembali merilis fitur video Year in

Lima Aplikasi untuk Berbagi File Secara Aman di

Kini fungsi smartphone tidak hanya untuk berkomunikasi.

Empat Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu Di Play

Diantara banyaknya aplikasi-aplikasi di App Store atau

Ingin Hilangkan Informasi Pribadi di Internet? Lakukan

Jika Anda mulai kesal dengan tersebarnya beberapa informasi

Berita Lainnya

Gempa Aceh: Sabuk Keselamatan Rumah Antigempa

Mengingat wilayah kita termasuk kawasan yang dikepung oleh

Gempa Aceh: Mengapa Bumi Bergoyang?

Pernahkah membayangkan bagaimana gempa, seperti halnya gempa

Gempa Aceh: Agar Gedung Jangkung Siap Digoyang Gempa

Selain mengantisipasi kerusakan, bangunan tahan gempa akan

Gempa Aceh: Apa yang Harus Dilakukan saat Terjadi

Gempa Aceh mengingatkan kita tentang pentingnya persiapan