Penyebab Bayi Terbangun di Malam Hari

Penyebab Bayi Terbangun di Malam Hari

  • Editor : K. Tatik Wardayati
  • Tuesday, 05 June 2012
  • 07:00 am

Bagi bayi, bangun tiga sampai empat jam di malam hari adalah peristiwa normal. Ada penyebabnya mengapa terjadi demikian.

Intisari-Online.com – Bagi bayi, bangun setiap tiga sampai empat jam di malam hari adalah peristiwa normal. Biasanya penyebab utama mereka bangun karena merasa lapar, atau tempat tidurnya basah karena ompol. Penyeb lain mengapa bayi sering terbangun di malam hari adalah karena mereka sudah tidur cukup lama sebelumnya.

Jika Anda kebetulan menjadi seorang ibu dan memiliki bayi yang sering terbangun di malam hari, ada beberapa alasan lain yang harus Anda tahu mengapa bayi terbangun di malam hari selain lapar, seperti dilansir oleh Circle of Moms.

  • Jam tidur tidak teratur. “Bayi tidak memiliki jam rutin tidur sampai sekitar usia enam bulan, demikian pernyataan oleh American Academy of Pediatrics (AAP). Untuk bayi yang baru saja lahir untuk 16 – 17 jam per hari, mereka hanya bisa tidur satu atau dua jam pada suatu waktu. Semakin mereka besar, bayi biasanya membutuhkan lebih sedikit waktu untuk tidur. Bayi berumur enam bulan juga masih wajar bagun di malam hari dan tidur kembali setelah beberapa menit.
  • Perubahan lingkungan dan rutinitas. Jika bayi yang biasanya tidur nyenyak, tiba-tiba sering bangun, ada kemungkinan akar masalahnya adalah karena perubahan suhu kamar, atau jumlah suara dan cahaya di kamar bayi. Seorang bayi bisa terbangun jika mereka mendengar orangtuanya mendengkur, gerakan, atau mungkin batuk Anda. Anda harus selalu memeriksa apakah bayi Anda terasa panas, ataukah malah kedinginan.
  • Sakit. Nyeri atau rasa sakit juga dapat menyebabkan bayi bangun di malam hari. Orangtua harus segera membawanya ke dokter jika mereka menghadapi situasi seperti ini.
  • Pertumbuhan. Tidur bayi yang terganggu bisa juga menjadi tanda bila bayi tersebut akan tumbu dan belajar hal baru seperti merangkak atau berjalan. Bayi akan tidur nyenyak lagi setelah ia merasa berhasil.
  • Pertumbuhan gigi. Bayi yang sedang tumbuh giginya sering bangun di malam hari. Perasaan tidak nyaman inilah yang menyebabkan bayi terbangun di malam hari. Bahkan banyak bayi yang mengalami demam ketika gigi mereka tumbuh.
  • Merasa gelisah karena tidur terpisah dari orangtua. Hal lain yang dapat menyebabkan bayi bangun di malam hari adalah karena mereka tidur terpisah dari orangtua mereka. Biasanya terjadi pada bayi berumur 9 – 12 bulan, yang mulai tidur terpisah dari orangtua. Biasanya juga terjadi pada bayi berusia antara 6 bulan – 2 tahun. Mereka sering terbangun di malam hari dan memanggil nama orangtua mereka. Normal-normal saja kok dalam tahap perkembangan emosional anak.

Author :

K. Tatik Wardayati

I like food

I like eat

I like cooking

Komentar

Berita Terkait

Tiga Smartphone yang Siap Dirilis Samsung di Akhir

Di akhir tahun 2016 dan kuartal pertama tahun 2017, mereka

Unplug: Saat Anda Ditantang untuk Mematikan

Konsep unplug muncul atas dasar kekhawatiran besarnya

Inilah Penjelasan Lengkap tentang Indonesia yang Berada

Indonesia dikenal sebagai kawasan Ring of Fire (Cincin Api).

Di Masa Depan Satu Hari Akan Menjadi 25 Jam

Para peneliti dari Durham University dan the UK’s Nautical

Berita Lainnya

Menikmati Pemboman Pearl Harbour Melalui Virtual

Dari kisah hidup Jim Downing, kita bisa menikmati pemboman

Tiga Smartphone yang Siap Dirilis Samsung di Akhir

Di akhir tahun 2016 dan kuartal pertama tahun 2017, mereka

8 Laptop Gaming yang Cocok Untuk Para Gamer

Inilah daftar laptop gaming yang cocok digunakan para gamer.

Unplug: Saat Anda Ditantang untuk Mematikan

Konsep unplug muncul atas dasar kekhawatiran besarnya