Nisa Karya setelah bisa keluar dari reruntuhan dan mendapat perawatan petugas medis. / Foto : Serambinews.com

Gempa Aceh: Empat Jam Terkurung Reruntuhan, Nisa Hanya Andalkan Sinar Ponsel

  • Editor : Hery Prasetyo
  • Wednesday, 07 December 2016
  • 05:02 pm

Nisa Karya hanya bisa berbaring dalam perangkap reruntuhan dan mengandalkan sinar ponsel setelah gempa meruntuhkan rumah yang ia tinggali.

Intisari-Online.com - Tiba-tiba rumah digoncang dan runtuh. Tak ada yang bisa diperbuat Nisa Karya (27), warga Rambong Kecamatan Setia, Aceh Barat Daya (Abdya), karyawan SPBU Ulee Gle, Bandar Dua, Pidie Jaya, ketika gempa berkekuatan 6,4 magnitude menggoyang Aceh, Rabu (7/12/2016) subuh. Ia hanya bisa terbaring dalam reruntuhan selama 4 jam, sambil berdoa dan berharap akan ada pertolongan.

Kepada Serambinews.com di Musalla SPBU Ulee Gle, Nisa mengatakan, saat gempa terjadi dirinya berada di lantai dua warung kopi di samping SPBU. Bahkan ia mengaku sadar saat bangunan roboh serta menangis sembari berteriak minta tolong.

“Alhamdulillah saya selamat dan berhasil menyelamatkan handphone dan beberapa pakaian,” katanya dengan nada terbata-bata.

Menurut Nisa, saat dirinya terkurung dalam reruntuhan bangunan, ia hanya merasakan sekeliling gelap gulita. Dia sendiri terkurung dalam reruntuhan bangunan dengan kondisi terbaring. Hanya cahaya ponselnya yang menjadi penerang.

“Ketika hari sudah pagi atau mulai terang, saya melihat ada cahaya dari luar. Lalu saya merayap sambil mencari sumber cahaya dan berusah keluar, sembari minta tolong dari warga yang ada diluar,” kata Nisa.

Setelah sempat terkurung selama empat jam yaitu mulai pukul 05.00 pagi pasca gempa, baru pada pukul 09.00 WIB, Nisa berhasil keluar dari reruntuhan bangunan tersebut. namun ia tidak ikut dievakuasi ambulan.

Nisa lebih memilih beristirahat di Musalla SPBU Ulee Glee. Baru sekitar pukul 14.00 WIB ia mendapat pertolongan dari medis, karena kaki kiri dan bahunya luka-luka lecet.


Sumber :

Author :

Hery Prasetyo

Mengawali karier sebagai wartawan profesional di harian Bernas Yogyakarta, kemudian Timika Pos, Tabloid Soccer, Kompas.com, menjadi web consultant di Gramedia Majalah dan kini berkarier di Intisari.

Komentar

Berita Terkait

Gempa Aceh Guncang Dunia Sains

Gempa berskala 8,5 yang terjadi pada 11 April 2012 merupakan

Akankah Gempa Aceh Picu Gempa Mentawai?

Sejumlah pihak mengatakan bahwa gempa Aceh yang terjadi Rabu

Gempa Aceh: Mengukur Kekuatan Gempa

Gempa Aceh diketahui berkekuatan 6,4 skala richter. Namun,

Gempa Aceh: Antisipasi Gempa Susulan Selamatkan Banyak

Gempa kali ini tidak berpotensi tsunami. Meski demikian,

Berita Lainnya

Cincin Kebesaran? Ini Cara Mengatasinya

Jangan langsung kesal ketika menerima cincin yang kebesaran.

Pesan Dalam Botol Berusia 100 Tahun Akhirnya Ditemukan

100 tahun lalu, pemuda Jerman melempar pesan dalam botol ke

Soal Bisnis Politik, Inilah 3 Persamaan Donald Trump

Donald Trump resmi menjadi Presiden ke 45 Amerika Serikat.

Menakjubkan, Pria Ini Mendaur Ulang Karet Ban Menjadi

Pria asal California, Amerika Serikat, Blake McFarland (28)