Mengenal Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

Mengenal Manfaat Daging Sapi Bagi Kesehatan

  • Editor : Rafael Ryandika
  • Tuesday, 09 August 2016
  • 09:00 am

Di Indoensia, daging sapi kerap menjadi menu makanan yang disajikan saat hari-hari penting seperti ulang tahun ataupun hari raya keagamaan seperti Idul Adha. Selain karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak di lidah, daging sapi ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Intisari-Online.com – Di Indoensia, daging sapi kerap menjadi menu makanan yang disajikan saat hari-hari penting seperti ulang tahun ataupun hari raya keagamaan seperti Idul Adha. Selain karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak di lidah, daging sapi ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Berikut kandungan yang terdapat dalam daging sapi dan berguna untuk kesehatan:

1. Protein

Salah satu kandungan gizi dalam sapi yang bermanfaat untuk kesehatan yakni protein. Kandungan protein dalam sapi termasuk dalam protein hewani. Protein jenis ini dapat membantu dengan sangat baik perkembangan otak pada anak. Selain itu, protein hewani juga membentuk massa otot, sehingga dapat menambah berat badan kita.

2. Zat Besi

Daging sapi memiliki kandungan zat besi yang sangat besar. Tanpa zat besi, tubuh kita tidak mampu memproduksi sel-sel darah merah secara optimal. Maka, kekurangan zat besi dapat menyebabkan penyakit anemia, yakni keadaan dimana penderita akan merasa sangat lemas dan lesu. Tak heran bila penderita anemia disarankan untuk mengonsumsi daging sapi untuk pemulihannya.

Selain itu, zat besi juga berfungsi sebagai daya tahan tubuh. Karena, zat besi mampu meningkatkan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

3. Vitamin B Kompleks

Konsentrasi dan kemampuan daya ingat seringkali menjadi masalah tersendiri untuk kita. Nah, kandungan vitamin B kompleks dalam daging sapi ini menjadi solusi utama untuk mengatasi hal tersebut. Karena menurut ahli gizi, vitamin B kompleks ini dapat mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak), sehingga mampu bekerja secara maksimal.

4. Selenium dan Zinc

Hampir sama seperti zat besi, selenium dan zinc bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh kita. Jika sistem imun dalam tubuh meningkat, secara bersamaan tubuh kita pun akan sulit terkena penyakit.

Untuk laki-laki, kandungan zinc pada daging sapi juga sangat baik untuk meningkatkan jumlah sel sperma dan mencegah kerusakan pada organ reproduksi Anda.

5. Omega 3

Tidak hanya pada ikan, omega 3 pun cukup banyak terdapat pada daging sapi. Omega 3 ini bermanfaat untuk membantu kerja fungsi jantung, sistem saraf pusat (otak), dan juga hati.

6. Lemak

Apabila dikonsumsi secara tidak berlebihan, kandungan lemak dalam daging sapi sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan. Karena, lemak dapat membantu meningkatkan energi dan menjadi sumber tenaga yang dibutuhkan tubuh dalam menjalani aktivitasnya.

Maka, bila mengonsumsi daging sapi diikuti olahraga atau aktivitas yang cukup, lemak akan berfungsi dengan baik, sehingga bermanfaat untuk tubuh.

Author :

Rafael Ryandika

Komentar

Berita Terkait

Inilah Strategi Kemenkes Untuk Membangun Kesehatan di

Berbagai upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat

Meski Sama-sama Daging, Kandungan Gizi Daging Sapi Jauh

Jangan pernah menyamakan kandungan gizi yang terkandung pada

Mengenal Manfaat Nasi dari Beras Hitam

Kebutuhan karbohidrat yang kita makan sehari sebesar 60-70%

7 Anjuran Kesehatan Ini Terbukti Tak Benar, Berhentilah

Jangan percaya begitu saja pada anjuran kesehatan, inilah

Berita Lainnya

Pria Ini Kehilangan Tujuh Gigi Gara-gara Rokok

Jangan dikira rokok elektronik lebih aman dibandingkan rokok

Ini Dia, Tiga Fase Proses Penuaan yang Akan Kita Alami

Proses penuaan yang pasti kita alami, setidakya memiliki

Delapan Fakta Kehamilan yang Mengejutkan

Ketika dipastikan hamil, wanita akan sangat bahagia dan akan

Mengetahui di Mana Usaha dalam Hidup Kita

Berusaha itu penting. Tetapi mengetahui di mana usaha dalam