Inilah Enam Alasan Untuk Mengonsumsi Brokoli Secara Teratur

Inilah Enam Alasan Untuk Mengonsumsi Brokoli Secara Teratur

  • Editor : Ilham Pradipta M.
  • Friday, 23 September 2016
  • 09:00 am

Brokoli diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Bahkan, ia telah lama dianggap sebagai salah satu superfood (makanan super) yang menyimpan segudang manfaat. Mengonsumsi brokoli secara teratur bisa meningkatkan kesehatan otak, hingga jantung. Lalu, apa lagi yah manfaat brokoli bagi tubuh kita?

Intisari-Online.com – Brokoli diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Bahkan, ia telah lama dianggap sebagai salah satu superfood (makanan super) yang menyimpan segudang manfaat. Mengonsumsi brokoli secara teratur bisa meningkatkan kesehatan otak, hingga jantung. Lalu, apa lagi yah manfaat brokoli bagi tubuh kita?

1. Otak lebih sehat

Kalium bisa memungkinkan otak untuk mempertahankan fungsi kongnitif yang paling optimal. Ia juga bisa mendukung pembentukan otot yang konsisten. Nah, kandungan lignans and glucosinolates yang berlimpah dalam sayuran ini, juga bisa memperlambat melemahnya neurotransmiter otak.

2. Mencegah kanker

Meskipun kecil, tapi manfaatnya sangat besar bagi tubuh. Selidik punya selidik brokoli juga bisa meminimalkan risiko kanker paru-paru dan usus besar. Senyawa brokoli yang bernama  sulforaphane, dapat menghambat enzim histone deacetylase (HDAC) yang dapat memicu perkembangan sel-sel kanker.

Sulforaphane, juga bisa menghambat perkembangan kanker melanoma, esofagus, prostat, dan pankreas.

3. Menyehatkan kulit

Tak hanya produk kecantikan kulit saja yang bisa menyehatkan dan melindungi kulit dari sinar matahari. Ternyata, brokoli juga bisa menyembuhkan kerusakan kulit secara alami, yang terjadi karena paparan sinar matahari. Glucoraphanin, sebuah nutrsi dalam brokoli bisa membersihkan kulit dan memperbaikinya dari kerusakan.

4. Detoksifikasi

Glucoraphanin, gluconasturtiin dan glucobrassicin, ketiga nutrisi yang terkandung dalam brokoli ini, bisa mengatur mekanisme tubuh dalam mengeluarkan kotoran dari dalam.  

5. Tulang makin sehat

Jangan salah, tak hanya susu saja yang bisa menyehatkan tulang. Brokoli mengandung vitamin K dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi brokoli secara teratur dapat membantu kita untuk mengembangkan penyakit tulang. Osteoporisis, misalnya.

6. Menyehatkan jantung

Makanlah brokoli secara teratur bila menginginkan jantung yang lebih sehat. Sebab, mangesium, kalsium, dan potasium yang terkandung di dalamnya, dapat mengatur tekanan darah.

Selain itu, lutein dan karotenoid yang ada di dalam brokoli, bisa memperlambat, bahkan mencegah penebalan arteri. Nah, nutrisi-nutrisi itulah yang bisa membantu kita untuk melawan penyakit jantung dan stroke.


(healthfitnessrevolution.com)

Author :

Ilham Pradipta Mulya

Komentar

Berita Terkait

Ada 15 Cara untuk Bergaul Lebih Dekat dengan Orang Lain

Pernahkah Anda merasa kesepian sekalipun memiliki banyak

Bingung Kenapa Proses Penuaan Terjadi? Inilah

Proses penuaan biasanya akan berlangsung sejak usia sektiar

Mengapa Seseorang Bisa Berpikir Untuk Bunuh Diri?

Mengapa seseorang bisa berpikir untuk bunuh diri? Banyak

Inilah Sebab Orang Lebih Sering Sakit Saat Traveling

Mengapa kita rentan sakit saat bepergian, dan bagaimana

Berita Lainnya

Lakukan 7 Kebiasaan Ini, Sperma Taruhannya

Tanpa disadari ada kebiasaan sehari-hari yang menyebabkan

Perokok “Membakar” Uang Hingga Rp20 Miliar

Jika dampak kesehatan belum cukup menjadi alasan untuk

Orgasme yang Lebih Baik dengan Foreplay

Menurut penelitian, orgasme akan dicapai dengan lebih baik

Pria Ini Kehilangan Tujuh Gigi Gara-gara Rokok

Jangan dikira rokok elektronik lebih aman dibandingkan rokok