Makanan Berkolesterol Tinggi

Makanan Berkolesterol Tinggi

  • Editor : K. Tatik Wardayati
  • Monday, 18 June 2012
  • 06:27 pm

Makanan-makanan ini sebaiknya dihindari agar terbebas dari tingginya kolesterol LDL yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Intisari-Online.comLow density lipoprotein (LDL) merupakan kolesterol jahat yang harus kita lawan. Jika tidak, berpotensi menyebabkan akumulasi kolesterol jahat yang menyumbat dan menghalangi aliran darah ke otak. Inilah penyebab utama penyakit jantung dan stroke.

American Heart Disease Association merekomendasikan asupan maksimum kolesterol adalah 300 mg per hari. Namun, bagi mereka yang telah didiagnosis memiliki kolesterol tinggi, asupan maksimal hanya 200 mg per hari.

Selain tes darah rutin, Anda dapat memerangi penumpukan kolesterol jahat dengan menghindari konsumsi makanan yang bisa memicunya. Identifikasikan jenis makanan dengan tingkat tinggi kolesterol jahat. Berikut ini daftar makanan yang dimaksud seperti dilansir everdayhealth.

  • Telur ayam. Kita harus berhati-hati ketika mendengar peringatan kalau telur memiliki kandungan kolesterol tinggi. Yang sebenarnya harus dihindari adalah kuning telur, bukan putih telur. Kuning telur harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi karena mengandung lebih dari 200 mg kolesterol per telur. Sementara putih telur bebas kolesterol.
  • Telur puyuh. Jenis telur ini juga pantang bagi orang dengan kolesterol tinggi. Kandungan kolesterolnya mencapai 364 mg per 100 gram. Bisa dikatakan inilah yang tertinggi dibandingkan makanan lainnya.
  • Hidangan laut. Yang dikategorikan kolesterol tinggi termasuk cumi, lobster, udang, kepiting, dan kerang. Cumi memiliki kandungan tertinggi hingga 200 mg per 100 gram. Karena itu, kurangi konsumsi makanan tersebut dalam menu sehari-hari. Untuk menghindari penimbunan lemak jenuh yang memicu penyumbatan pembuluh darah, cobalah makan hidangan laut hanya sebulan sekali saja. Biasakan menemani makanan ini dengan minum air kelapa.
  • Otak sapi. Otak sapi bagi beberapa orang mungkin sebagai makanan lezat. Padahal, kolesterolnya mencapai 200 mg per 100 gram.

Selain itu, ada beberapa makanan yang dikategorikan berbahaya bagi orang dengan kolesterol tinggi, antara lain: susu, jeroan sapi, jeroan kambing, lemak babi, margarin, daging berlemak, keju, dan sosis. Selain menghindari makanan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, pertimbangkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengurangi kolesterol tinggi.

Author :

K. Tatik Wardayati

I like food

I like eat

I like cooking

Komentar

Berita Terkait

Daging Domba, 1 dari 9 Makanan yang Ampuh Hilangkan

Beberapa makanan yang mampu menghilangkan perut buncit ini

Makanan Tepat, Stres pun Teratasi

Makanan yang kita makan juga berperan positif terhadap mood,

Kebahagiaan Tidak Hanya Dinilai Dari Gaji Tinggi, Lihat

Gaji yang tinggi dan karier yang melesat memang bisa

Olahraga Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Jika tidak memilih jenis olahraga dengan tepat, penderita

Berita Lainnya

Seks Memang Bisa Redakan Stres, Tapi Tidak Serta Merta

Seks bisa dijadikan "terapi" untuk meredam stres.

Tunda Waktu Punya Anak? Ingatlah Bahwa Kesuburan

Kesuburan seorang pria ternyata ada batasnya. Meski masih

Ada Orang yang Membenci Anda Tanpa Alasan? Jangan

Dalam hidup ini, akan selalu ada orang yang menyukai kita

Ayah Ini Tunjukkan Foto Jari Kaki Anaknya Sebagai

Melalui Facebook, seorang ayah di Kansas menunjukkan foto