7 Alasan Kita Harus Ajarkan Musik pada Anak

7 Alasan Kita Harus Ajarkan Musik pada Anak

  • Editor : Monalisa Darwin D
  • Sunday, 25 September 2016
  • 03:00 pm

Musik tidak sekadar hobi untuk seseorang, termasuk bagi anak-anak. Musik dapat meningkatkan kreativitas dan membantu mengurangi stres. Tak perlu khawatir atau ragu mengenalkan musik untuk anak. Ini juga akan menghilangkan kejenuhan anak, terutama bila mereka terlalu fokus pada pelajaran akademik. Dan, masih banyak dampak positifnya bagi anak Yuk, ajarkan musik pada anak sejak dini!

Intisari-Online.com - Musik tidak sekadar hobi untuk seseorang, termasuk bagi anak-anak. Musik dapat meningkatkan kreativitas dan membantu mengurangi stres. Tak perlu khawatir atau ragu mengenalkan musik untuk anak. Ini juga akan menghilangkan kejenuhan anak, terutama bila mereka terlalu fokus pada pelajaran akademik. Dan, masih banyak dampak positifnya bagi anak Yuk, ajarkan musik pada anak sejak dini!

1. Mengembangkan passion

Belajar musik sama seperti belajar mengendarai sepeda atau berenang. Melakukannya sekali seumur hidup dan bahkan jika kehilangan praktek, bakat tersebut tetap ada. Inilah yang menjadi alasan mengapa anak harus belajar musik.

2. Salah satu hobi yang luar biasa

Entah itu belajar menyanyi atau belajar memainkan alat musik, namun musik adalah hobi yang luar biasa atau mengagumkan. Kegiatan ini juga membantu anak tetap aktif di luar sekolah. Hobi ini juga positif dan dapat menghindari anak dari melakukan hal lain yang tidak menghasilkan apa-apa.

3. Dapat menjadi pilihan karier

Karier musik tidak terbatas, mulai dari menjadi vokalis, gitaris, prosedur musik, dan lainnya. Ada banyak pilihan karier yang ditawarkan di bidang musik. Bila nantinya anak benar-benar memiliki darah seni, khususnya di dunia musik, ini akan menjadi kesempatan besar untuk kariernya.

4. Membantu anak berpikir sesuai bakatnya

Ketika anak menyukai musik, orangtua dapat mengajak anak untuk bergabung dalam kelas musik dan bertemu dengan teman-teman seusiannya. Ini kemudian akan memungkinkan anak lebih mudah berkomunikasi serta bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

5. Menigkatkan kreativitas anak

Belajar musik dapat mengeksplorasi otak anak tentang pengetahuan baru. Anak akan diajarkan bagaimana berpikir dengan cara lain selain dari pelajaran akademik di sekolah. Kreativitas memungkinkan anak menemukan solusi kreatif dalam menyelesaikan masalah dan proses belajar musik sebagai seni memberikan anak titik acua mental yang baru.

6. Membantu anak menghargai seni

Musik menjadi salah satu cara untuk mengajarkan anak bagaimana menghargai keindahan hidup. Anak juga dapat belajar berpikir tentang pentingnya seni serta memahami makna yang lebih dalam kehidupan ini.

7. Membangun kepercayaan diri

Kepercayaan diri akan tumbuh ketika anak menyadari tentang keahlian atau bakat yang mereka pelajari. Bakat berfungsi sebagai faktor intrinsik yang membangun rasa percaya diri secara alami dan akan tidak lagi harus mencari faktor lainnya untuk meningkatkan percaya diri serta harga diri.

Apakah Anda sudah ajarkan musik pada anak? (magforwomen.com)

Author :

Monalisa Darwin D

Komentar

Berita Terkait

Ini Dia, Tiga Fase Proses Penuaan yang Akan Kita Alami

Proses penuaan yang pasti kita alami, setidakya memiliki

Mengetahui di Mana Usaha dalam Hidup Kita

Berusaha itu penting. Tetapi mengetahui di mana usaha dalam

Para Orangtua, Jangan Lupa Periksakan Mata Anak Sejak

Penglihatan anak mungkin mulai terganggu ketika mereka

Kalau Seriawan Harus Diapakan?

Harus diketahui lebih dahulu faktor yang mencetuskan

Berita Lainnya

Pria Ini Kehilangan Tujuh Gigi Gara-gara Rokok

Jangan dikira rokok elektronik lebih aman dibandingkan rokok

Ini Dia, Tiga Fase Proses Penuaan yang Akan Kita Alami

Proses penuaan yang pasti kita alami, setidakya memiliki

Delapan Fakta Kehamilan yang Mengejutkan

Ketika dipastikan hamil, wanita akan sangat bahagia dan akan

Mengetahui di Mana Usaha dalam Hidup Kita

Berusaha itu penting. Tetapi mengetahui di mana usaha dalam