Apakah Anda Sakit Jiwa?

Apakah Anda Sakit Jiwa?

  • Editor : J.B. Satrio Nugroho
  • Monday, 03 September 2012
  • 03:00 pm

Orang sakit jiwa tidak melulu orang gila. Orang yang tidak merasa bahagia saja itu sudah tidak sehat jiwanya.

Intisari-Online.com - Gangguan jiwa bukan melulu seperti yang dideskripsikan masyarakat umum sebagai orang gila. Menurut Dr. dr. Nurmiati Amir, SpKJ (K), dosen pada Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo, penderita gangguan jiwa tidak hanya orang gila saja, tetapi orang yang tidak merasa bahagia saja itu sudah tidak sehat jiwanya.

Dr. Suryo Darmono SpKJ, dari Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo mengemukakan, pada dasarnya kondisi gangguan jiwa itu jika terdapat tiga faktor, yaitu gangguan (dalam bentuk sindroma klinis dari perilaku, perasaan, dan pikiran), penderitaan, dan hambatan psiko-sosial.

Suatu gangguan jiwa bisa dikatakan berat jika itu sudah mengganggu fungsi psiko-sosialnya. “Orang yang sangat yakin dirinya bintang film terkenal padahal bukan, itu contoh orang yang sudah terganggu fungsi psiko-sosialnya, tidak bisa membedakan mana yang realita mana yang bukan,” jelas dr. Nurmiati.

Orang yang senantiasa diliputi kecemasan, panik, tidak percaya diri yang berlebihan, bukannya tidak mengganggu. Orang dengan fobia sosial, misalnya, selalu malu dan tidak percaya diri ketika bertemu dengan orang lain, akan sangat menghambat perkembangan pribadinya. “Mestinya bisa sukses, tapi karena malu dan rendah diri, dia tidak mengambil pekerjaan yang membuat dia jadi pusat perhatian, misalnya. Meskipun pemahaman tentang realitanya masih baik, kehidupannya akan terpengaruh,” papar dr. Nurmiati.

Kalau sudah begitu, stres mulai menghampiri. Kalau tidak diatasi, jadinya depresi. Menurut data global, 50% penderita depresi berpikiran untuk bunuh diri. Yang akhirnya menghentikan penderitaan depresinya dengan bunuh diri sekitar 15%. Maka kalau Anda mulai melihat indikasi gangguan jiwa di atas, mulailah bahagia!

Author :

J.B. Satrio Nugroho

Komentar

Berita Terkait

Para Wanita, Perhatikan: Warna Darah Menstruasi

Perhatikan warna darah menstruasi Anda. Sebab, warna darah

Tak Sabar Dalam Antrean Tanda Orang Sombong

Salah satu tindakan paling menyebalkan di tempat umum adalah

Waspada, Ini 5 Tanda Organ Pankreas Bermasalah

Seringkali, tanda-tanda masalah pankreas tak dirasakan dan

3 Ramuan Penambah Gairah Seksual yang Ada di Dapur Anda

Bingung mencari ramuan-ramuan penambah gairah seksual? Coba

Berita Lainnya

Inilah Alasan Mengapa Pria Menyukai Memberikan Seks

Mengapa pria sangat menyukai memberikan seks oral pada

Para Wanita, Perhatikan: Warna Darah Menstruasi

Perhatikan warna darah menstruasi Anda. Sebab, warna darah

Di Penismu Terbaca Usia Harapan Hidupmu

Disfungsi ereksi (DE) dapat menjadi fatal jika tidak

Dimanakah Letak G-Spot pada Pria?

Informasi yang ada selama ini menyatakan, G-Spot hanya