Jiwa Korsa atau Chauvinism Corps?

Jiwa Korsa atau Chauvinism Corps?

  • Editor : Agus Surono
  • Friday, 05 April 2013
  • 03:16 pm

Salah satu alasan yang mengemuka dalam penyerangan ke Lapas Cebongan adalah jiwa korsa, atau l'esprit de corps. Apa itu jiwa korsa?

Intisari-Online.com - Salah satu alasan yang mengemuka dalam penyerangan ke Lapas Cebongan adalah jiwa korsa, atau l'esprit de corps. Apa itu jiwa korsa?

Mayor Jenderal James Gutherie Harbord (1866-1947) dalam bukunya The American Army in France (Little Brown) menulis bahwa disiplin dan moral mempengaruhi suara tak terucapkan yang selalu diberikan ketika tugas memanggil. Disiplin dan moral menyangkut masalah rohaniah. Terciptanya disiplin dan moral yang tinggi menuntut terpeliharanya l'esprit de corps atau jiwa korsa yang tinggi pula. Tidak mudah membina jiwa korsa ini, dan lebih mudah membentuk cauvinisme corps. Sifat patriotik berlebihan pada kesatuan.

Sedangkan menurut Ralph Linton (1893 - 1952), antropolog AS, dalam bukunya The Study of Man (Appleton Century Crofts, Inc.), jiwa korsa adalah pengembangan dari sebuah kesadaran, sebuah perasaan kesatuan. Jiwa korsa adalah semangat kebersamaan dalam korps, perasaan kekitaan, suatu kecintaan terhadap perhimpunan atau organisasi. Akan tetapi kebanggaan itu secara wajar, tidak berlebihan. Tidak membabi buta.

Jiwa korsa, seperti diungkapkan oleh Staplekamps Jr. Le Lait de Rat dalam tulisan berjudul "Korpsgeist" (De Militaire Spectator, 1952), memiliki beberapa faktor seperti rasa hormat (rasa hormat pribadi dan rasa hormat pada organisasi), setia (setia kepada sumpah, janji, dan tradisi kesatuan serta kawan-kawan satu korps), serta kesadaran (kesadaran bersama, bangga untuk menjadi anggota korps).

Bisa jadi jiwa korsa ini mirip dengan konsep ashabiyah-nya Ibnu Khaldun (1332 - 1406) yang membaginya dalam dua pengertian. Pertama, bermakna positif dengan menunjuk pada konsep persaudaraan (brotherhood). Kedua, bermakna negatif, yakni kesetiaan dan fanatisme membabi buta yang tidak didasarkan pada aspek kebenaran.

Apakah alasan para penyerang napi Lapas Cebongan termasuk jiwa korsa negatif atau chauvinism corps?

Author :

Agus Surono

ora obah, ora mamah

Komentar

Berita Terkait

Jangan Pernah Ucapkan Hal-hal Ini pada Wanita di

Istilah lidah tak bertulang berlaku dimanapun, termasuk di

Bukan karena Teknik atau Posisi Seks, Penyebab

Alih-alih memikirkan bagaimana mencapai kenikmatan dengan

Punya Masalah Sembelit atau Insomnia? Kena Tidak Coba

Kangkung juga punya manfaat kesehatan lain, seperti untuk

Cinta Butuh "Setiap Hari", Bukan Kartu,

Spesial di hari kasih sayang ini, sudahkah mengungkapkan

Berita Lainnya

Agar Ranjang Tetap Membara, saat Hubungan Sudah

Jika sudah tinggal bersama pasangan dalam waktu yang cukup

Tak Berani Lakukan Oral Seks karena Takut Terkena

Apalagi beberapa tahun lalu seorang aktor Hollywood

Hati-hati! Perokok yang Mulai Merokok Sejak Remaja akan

Perokok yang mulai merokok sejak usia 13 tahun lebih susah

Jangan Bingung Menghadapi Pasangan yang Introver,

Pasangan Anda introver? Jangan bingung menghadapinya.