11 Khasiat Minyak Kayu Putih

author : K. Tatik Wardayati
Saturday, 18 May 2013 - 06:00 pm

Share |
drjacobkeyzernd

Minyak kayu putih dicampur dengan air hangat bisa melegakan tenggorokan.

Intisari-Online.com – Siapa sih yang tidak kenal minyak kayu putih? Hampir sebagian besar dari kita memakainya sejak masih bayi. Minyak kayu putih telah digunakan bertahun-tahun yang lalu karena memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Minyak ini sering digunakan sebagai obat rumah untuk pilek, infeksi sinus, hidung tersumbat, flu, dan masalah pernapasan. Menuangkan beberapa tetes minyak kayu putih di saputangan juga sering dilakukan. Masih banyak kegunaan minyak kayu putih dalam kehidupan kita. Apa saja sifat minyak kayu putih?

  1. Minyak kayu putih adalah salah satu minyak esensial yang memegang peran penting dalam aromaterapi. Minyak ini memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang sangat baik sehingga sering digunakan dalam sabun, deodoran, losion, parfum, dan produk kesehatan lainnya.
  2. Bagi yang ingin memakai pacar/inai (sejenis pewarna kuku) ke tangan, tambahkan minyak kayu putih sedikit ke campuran pacar/inai. Ini akan memberikan warna pacar/inai lebih cerah.
  3. Minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk mengobati masalah kulit, seperti memar dan gangguan kulit.
  4. Minyak kayu putih juga bermanfaat dalam kasus sakit gigi, karena minyak ini merupakan bahan umum dalam produk perawatan gigi seperti pasta gigi, obat kumur, dll.
  5. Campur beberapa tetes minyak kayu putih di dalam air untuk mandi anjing peliharaan agar dapat melindungi anjing dari kutu dan parasit lainnya.
  6. Mencampur minyak kayu putih dengan minyak lainnya untuk pijat memiliki efek yang sangat menenangkan pada tubuh dan pikiran. Karena ini dapat membantu menghilangkan kelelahan, nyeri tubuh, dan nyeri otot.
  7. Minyak kayu putih adalah stimulan yang sangat baik dan membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan meningkatkan aktivitas jantung.
  8. Minyak kayu putih juga digunakan sebagai penyedap dalam produk makanan seperti permen atau makanan panggang.
  9. Bila berkemah jangan lupa membawa botol minyak kayu putih karena sangat efektif menghadapi gigitan serangga, sengatan dan ruam kulit. Minyak ini juga baik untuk mengusir nyamuk.
  10. Minyak kayu putih bila dicampur dengan air dapat menghasilkan disinfektan rumah tangga yang efektif dan mudah dibuat.
  11. Campur beberapa tetes minyak kayu putih dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur. Ini dapat mengurangi rasa sakit karena batuk dan tenggorokan pun akan merasa jauh lebih baik.

Anda sudah mencoba memaksimalkan efektivitas minyak kayu putih? (Health Me Up)

Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014