5 Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan

author : Agus Surono
Friday, 28 January 2011 - 05:11 pm

Share |

Biaya pengobatan sakit saat ini terkadang memberatkan jika harus ditanggung sendiri. Beberapa perusahaan menanggung biaya itu sehingga sewaktu bekerja tak terasa. Bagaimana kalau sudah tidak bekerja? Asuransi menjadi solusi.

Jika tertarik pada pembiayaan kesehatan melalui jasa perusahaan asuransi, ada lima hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih perusahaan dan jenis asuransi kesehatan.

  1. Reputasi perusahaan asuransi
    Sebelum menjatuhkan pilihan pada perusahaan asuransi kesehatan tertentu, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu reputasi perusahaan itu. Cari rujukan yang objektif sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Jangan sampai kita mengalami bayar premi gampang, tapi untuk mendapatkan klaim susahnya bukan main. Layanan buruk macam ini sudah jamak dialami nasabah perusahaan asuransi tertentu.
  2. Fasilitas yang diberikan
    Selalu membandingkan fasilitas yang diberikan satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Dengan angka premi yang sama, apa yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi? Apakah nilai klaim yang diberikan wajar atau tidak?
  3. Kebutuhan layanan kesehatan
    Jangan terlalu pelit dengan memilih premi yang paling kecil. Soalnya, nilai premi sangat mempengaruhi fasilitas yang diberikan. Bila Anda terbiasa dengan layanan kelas 1, enggak mungkin dong kita berharap dari premi Rp 100.000,- per bulan. Betul 'kan?
  4. Jaringan pelayanan perawatan
    Yang termasuk jaringan pelayanan perawatan ini di antaranya adalah rumah sakit rujukan dan kantor pelayanan. Pilihlah yang memiliki jaringan tersebar cukup luas atau minimal yang memiliki call center. Sebab, kita tidak tahu kapan dan di mana kita atau keluarga kita jatuh sakit. Dengan jaringan pelayanan yang luas, di mana pun kita sakit, kita akan mendapatkan pelayanan perawatan yang sesuai. Kalau sakitnya di Cirebon, kita tak perlu harus dibawa ke Jakarta untuk dirawat di rumah sakit rujukan dari perusahaan asuransi yang kita pilih.
  5. Layanan klaim
    Pilihlah perusahaan asuransi yang dapat menerima klaim dari mana saja dan bukan hanya menerima klaim rumah sakit rujukan. Ini penting, karena akan memudahkan kita mendapatkan perawatan di mana saja. Kalau berada jauh dari rumah sakit rujukan, kita bisa masuk ke rumah sakit yang tidak menjadi rujukan. Ketika terpaksa berobat ke luar negeri pun bisa mendapat layanan klaim. So, carilah perusahaan asuransi yang dapat menutup hal itu. 
Dibaca 5071 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014