9 Langkah Tradisional Mengatasi Flu

author : K. Tatik Wardayati
Tuesday, 13 March 2012 - 11:06 am

Share |
tarasviewoftheworld

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada dada membantu mengurangi pembentukan lendir.

Intisari-Online.com – Flu menjadi ancaman tersendiri bagi orang-orang di musim hujan. Selain tenggorokan sakit juga disertai rasa gatal dan nyeri saat menelan, flu biasanya ditambah dengan pilek, demam, nyeri tubuh, dan nyeri otot. Tentu saja ini sangat mengganggu dan orang menginginkan flu segera berlalu.

Jangan buru-buru minum obat. Ada banyak cara untuk mencegah dan mengatasi flu, bahkan mengunyah bawang putih pun bisa mencegah flu. Cara terbaik, cobalah mengatasi flu dengan cara alami yang bisa dilakukan di rumah, seperti saran Charles B. Inlander, presiden The People’s Medical Society, yang dikutip oleh webmd.

  1. Meniup hidung. Hidung tersumbat sangatlah menyiksa. Kita selalu inginnya memencet hidung. Membiarkan lendir dalam hidung sebenarnya memperburuk rasa sakit dan berisiko memasuki paru-paru hingga memicu infeksi. Lebih baik meniup hidung sehingga membuatnya dapat membuang lendir. Tekan satu lubang hidung dan kemudian tiup hidung satunya untuk membersihkan lendir.
  2. Istirahat. Flu menyerang ketika sistem kekebalan tubuh melemah. Istirahat merupakan salah satu unsur penting dari penyembuhan karena akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh, sehingga akan lebih mudah untuk mengatasi flu. Selain mempercepat penyembuhan, sekadar berbaring atau tidur di balik selimut sudah cukup untuk membantu menyehatkan tubuh.
  3. Berkumur. Untuk tenggorokan, cobalah berkumur dengan air hangat dicampur dengan berbagai bumbu atau rempah-rempah. Misalnya, seperti dengan menambahkan garam mineral, teh raspberry, cuka apel, sage, jahe, dan kunyit. Lakukan empat kali sehari. Selain meringankan tenggorokan, juga membantu mengatasi flu.
  4. Minum cairan hangat. Minum banyak air penting selama flu. Cairan hangat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang mengalami radang. Uap dari minuman panas juga membantu mengencerkan lendir.
  5. Uap. Salah satu cara tradisional untuk mencegah dan mengatasi flu adalah dengan penguapan atau uap. Masukkan air panas ke dalam baskom dan tempatkan wajah di atasnya sementara tutup kepala Anda dengan handuk. Untuk hasil yang lebih efektif campur dengan rempah-rempah yang meringankan hidung dan tenggorokan, seperti minyak kayu putih, kunyit, dan jahe.
  6. Menghirup mentol. Oleskan minyak kayu putih atau balsam bermentol dekat lubang hidung. Selain membuat hidung tersumbat jadi lebih baik, ini juga membantu mencegah iritasi kulit di sekitar lubang hidung.
  7. Bantal tinggi. Ketika tidur, cobalah dengan posisi kepala lebih tinggi dari dada. Ini dilakukan untuk mengurangi pembentukan lendir. Cara terbaik dengan bantal ganda dan wajah menghadap langit-langit.
  8. Menghirup bawang. Mencium bau bawang cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Bawang sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Peganglah bawang di bawah hidung selama sekitar lima menit.
  9. Makanan pedas. Capsaicin, senyawa kimia yang ada pada cabai, dapat membantu membersihkan rongga hidung. Ketika serangan flu, cobalah makan sup dengan taburan lada atau makan makanan pedas.

Langkah –langkah yang disebutkan di atas bisa membantu mengatasi flu. Sebelum minum obat atau pergi ke dokter, cobalah langkah alami untuk menyingkirkan flu yang menjengkelkan Anda.

Dibaca 25119 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014