Aman Deh Colak Colok Colokan

author : Agus Surono
Tuesday, 16 April 2013 - 04:00 pm

Share |
idebisnis

Adanya dua saklar membuat cop ini mudah dilepaskan dari colokan listrik.

Intisari-Online.com - Kejadian seperti ini sering kita rasakan. Saat mencabut cop listrik dari peralatan yang kita gunakan terasa susah. Mau tarik kabelnya jelas berisiko. Sementara tarik kepala begitu susah dan sedikit "berbahaya". Itu saja kita - orang dewasa - yang mengalaminya. Bagaimana dengan anak-anak?

Mengatasi kesulitan itu, Mifta Farid Sah Putra membuat cop listrik modifikasi. Namanya SyCop, kepanjangan dari Easy Cop. Cop ini gampang dimasukkan dan dilepaskan dari colokan listrik. Selain itu kabel yang digunakan tetap aman.

Rahasianya ada di dua saklar pengunci yang terdapat pada cop. Saklar ini akan mengencang bila cop dimasukkan ke dalam colokan listrik. Bila hendak melepaskannya, cukup tekan saklar pengunci, cop pun mudah dilepaskan.

SyCop terbuat dari bahan fiber plastik yang tidak menghantarkan listrik. Terdiri atas dua lubang kabel di atas cop, dua buah saklar pengunci dan pelepas, tombol on/off aliran listrik, pengunci (pengesat), as tembaga, dan ground. Alat ini berdiameter 3,7 cm, panjang badan cop 3,5 cm, dan panjang as tembaga sekitar 2 cm.

Karya ini diikutkan ke Djarum Black Innovation Award. Jika tertarik bisa menghubungi Mifta di 021-70339772. (Majalah idebisnis)

Dibaca 1074 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014