Apa Beda Creambath, Hair Mask, dan Hair Spa?

author : Agus Surono
Saturday, 30 March 2013 - 05:00 am

Share |
mirrorsalonandspa.in

Ilustrasi.

Intisari-Online.com - Tanya: Dr Lalan, saya sering membaca tulisan dokter di website Majalah Intisari. Sungguh bermanfaat bagi kita-kita, wanita yang ingin tetap cantik namun sehat juga.

Kalau tidak salah,  beberapa waktu yang lalu Dokter membahas mengenai hair spa. Sebenarnya apa itu hair spa dan apa bedanya dengan creambath dan hair mask? (Susan, Jakarta)

Jawab:

Susan di Jakarta,

Terima kasih atas kesetiaan membaca tips dan trik menjadi cantik dan tetap sehat.

Pertanyaan Susan memang cukup singkat, tapi jawabannya agak panjang :)

Memang benar ketiga treatment yang disebutkan itu (creambath, hair spa, dan hair mask) kelihatannya mirip-mirip. Kesemuanya adalah treatment atau perawatan yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan rambut. Sayangnya karena belum banyak yang memahami, sering terjadi treatment yang keliru. Bukannya memperbaiki kondisi rambut kita malah bisa membuat lebih rusak lagi.

Sebelum membahas perbedaan tersebut ada baiknya kita mengetahui struktur rambut kita.

hair_structure

Meskipun sangat kecil, struktur rambut masih dibagi lagi atas tiga bagian yang berturut-turut dari luar ke dalam.

  1. Kutikula.

    Lapisan paling luar rambut disebut kutikula. Fungsi kutikula adalah melindungi lapisan-lapisan di bawahnya dari kekeringan dan kerusakan. Jika tidak berhati-hati, lapisan kutikula ini bisa rusak, seperti saat kita menyasak rambut atau menggunakan 'sampo' yang merusak rambut. Proses mengeriting rambut sebenarnya merusak lapisan kutikula rambut kita juga lo.

  2. Korteks.

    Lapisan tengah dari struktur rambut disebut dengan korteks. Sebagian besar korteks terdiri dari pigmen rambut dan rongga-rongga udara. Karena sifat lapisan korteks adalah lunak, maka lapisan ini mudah rusak terutama oleh penggunaan bahan-bahan kimiawi. Jika lapisan kutikula mudah rusak pada proses "perawatan" rambut sehari-hari maka lapisan korteks sering dirusak oleh proses penataan rambut yang menggunakan zat kimiawi seperti pewarnaan rambut.

  3. Medula.

    Lapisan terdalam dari rambut adalah medula. Sayangnya tidak semua dari kita memiliki lapisan medula. Bersyukurlah mereka yang rambutnya tebal karena mereka memiliki lapisan ini. Bagi yang berambut pirang maupun tipis umumnya lapisan medula tidak ada.

Menjawab pertanyaan Susan, berikut disampaikan perbedaan perawatan rambut seperti:

  • Creambath.

    Perawatan creambath hanya ditujukan untuk memperbaiki kerusakan pada lapisan kutikula saja. Jadi bagi kaum wanita yang sering melakukan rebonding, perming, atau colouring, creambath kurang bermanfaat.

  • Hair Mask.

    Perawatan hair mask ditujukan untuk mengobati kerusakan rambut yang terjadi pada lapisan korteks. Hair mask ini cocok bagi Anda yang sering melakukan treatment dengan melibatkan proses kimia pada rambut.

  • Hair Spa.

    Perawatan hair spa sangat diperlukan bagi Anda yang sering melakukan treatment seperti rebonding, smoothing, dll. Fungsi hair spa bisa dianalogikan seperti body spa, membuat rambut bisa bernapas kembali, menjadi lebih sehat dan lembut karena masukan nutrisi yang adekuat. Ada bermacam-macam jenis serum spa rambut.

    Sebenarnya prosedur hair spa mirip-mirip dengan creambath, hanya saja ada serum khusus yang disediakan untuk mengatasi masalah rambut Anda.

Semoga dengan penjelasan ini, Susan dan teman-teman yang sering merawat rambut bisa terbantu dalam memilih perawatan rambut. Meskipun di banyak tempat perawatan (salon/klinik), kita diberi kebebasan memilih jenis perawatan, namun alangkah baiknya berkonsultasi dahulu dengan ahli kecantikan, sehingga kita bisa memperoleh perawatan rambut yang efektif dan efisien.

dr. Lalan Melia, Dipl. CIDESCO
Klinik Kecantikan L'Melia
Jln. Cempaka Putih Tengah XXX no. 5D
Jakarta Pusat

Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014