Bidan (juga) Membantu Melahirkan Inspirasi

author : Ade Sulaeman
Tuesday, 20 December 2011 - 02:00 pm

Share |
intisari/ade

ilustrasi

Intisari-Online.com - Penghargaan kepada para bidan yang dianggap berjasa bagi masyarakat akan kembali diberikan melalui ajang Srikandi Award 2011. Pada pelaksanaannya yang ketiga ini, Srikandi Award hanya akan memberikan penghargaan bagi bidan-bidan yang berbakti atas keinginan atau dorongan sendiri. Melalui penghargaan ini, diharapkan muncul inspirasi bagi rekan-rekan seprofesi mereka di seluruh Indonesia.

Setelah sebelumnya melalui proses seleksi, akhirnya dipilih sembilan bidan yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu tantangan budaya, promosi kesehatan, serta pemberdayaan ekonomi. Proses penjurian dilakukan di Balai Kartini, Jakarta, 19 Desember 2011.

Pada kategori tantangan budaya, terdapat bidan Meiriyastuti dari Propinsi Jambi, bidan Sri Ariati dari Sulawesi Barat, serta bidan Rosalinda Delin dari Nusa Tenggara Timur. Mereka berusaha untuk mengubah atau setidaknya “mengakali” tradisi-tradisi masyarakat di daerahnya yang dianggap mengganggu kesehatan bayi dan ibunya.

Di kategori promosi kesehatan, ada bidan Ni Nyoman Rai Sudani (Bali) yang berusaha mempromosikan KB vasektomi pada pria di daerah Abiansemal, bidan Ponirah (Serang-Banten) yang mendirikan Bidan Praktek Swasta, serta bidan Dewi Susila (Sumatera Utara) yang menggalakkan pencegahan HIV/AIDS usia dini.

Sedangkan di kategori terakhir, pemberdayaan ekonomi, para bidan berusaha untuk mengatasi masalah kesehatan ibu dan bayi yang umumnya disebabkan oleh masalah ekonomi. Ada yang melalui pendirian koperasi seperti yang dilakukan bidan Kesih (Bandung, Jawa Barat) dan bidan Sri Poayah (Sumatra Selatan), ada pula yang melalui pembentukan bank sampah (bidan Sri Partiyah dari Magetan).

Dewan juri terdiri dari: dr. Kartono Mohamad (Mantan Ketua IDI), Dr. H. Abidinsyah Siregar, DHSM, Mkes. (Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer, Kementerian Kesehatan Kementerian Kesehatan RI), Ninuk Pambudi (Editor Senior Harian Kompas), Dr. Harni Koesno, MKM (Ketua Umum IBI), Diah Saminarsih (Asisten Utusan Khusus Presiden untuk MDGs), dan Dr. Pinky Saptandari (Staf Ahli Menteri Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia).

Tiga bidan terbaik akan dinobatkan sebagai “Srikandi” pada kategori masing-masing. Pengumumannya akan dilakukan pada malam hari, tanggal 20 Desember 2011, di Balai Kartini, Jakarta.

Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014