Cemburu Gara-gara Pil KB

author : K. Tatik Wardayati
Friday, 24 August 2012 - 04:00 pm

Share |
twoofushackensack

Dosis tinggi estrogen dalam pil KB membuat wanita cenderung lebih cemburu.

Intisari-Online.com – Pil KB adalah kontrasepsi yang umum digunakan oleh wanita untuk menunda atau mengontrol kehamilan. Sebuah penelitian baru menemukan, wanita yang minum pil KB menjadi lebih posesif dan pencemburu.

Para peneliti menemukan bahwa beberapa merek pil KB dengan tingkat estrogen yang lebih tinggi dapat membuat wanita menjadi curiga, posesif, dan pencemburu. Temuan-temuan ini terkait dengan penelitian sebelumnya tentang efek samping emosional dari penggunaan pil KB, yang dilakukan pada 3,5 juta wanita Inggris berusia 16 – 49 tahun.

Dalam penelitian baru ini, peneliti dari Stirling University, Skotlandia mempelajari 275 wanita berusia 17 – 35 tahun. Semua responden mengasup pil KB kombinasi yang berbeda, yang mengandung estrogen dan progesteron sintetik, setidaknya selama penelitian tiga bulan.

Akibatnya, dosis yang lebih tinggi dari estrogen dalam pil KB membuat wanita lebih cenderung menjadi cemburu. Namun, progesteron tidak berperan dalam perubahan emosi pada wanita.

“Wanita harus menyadari fenomena ini,” kata Dr. Craig Roberts, seorang peneliti dari Stirling University. Menurut Dr. Roberts, wanita dan perusahaan farmasi tampaknya tidak sepenuhnya menyadari potensi efek samping psikologis yang terkait dengan berbagai penggunaan pil KB ini. Oleh karena itu, wanita harus selektif dalam memilih merek pil KB. Dosis tertinggi estrogen dapat mengubah emosi wanita.

Para peneliti juga mengingatkan, dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Personality and Individual Differences, wanita yang menggunakan pil KB merek tertentu dengan dosis estrogen yang tinggi akan lebih sulit untuk membangun dan memelihara hubungan.

Pada penelitian sebelumnya, yang diterbitkan dalam Brain Research, peneliti menemukan bahwa pil KB dapat menimbukan perubahan selera wanita pada pria, bahkan meningkatkan kecerdasan.

Dibaca 1006 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014