Fakta Mengejutkan Tentang Nyamuk

author : K. Tatik Wardayati
Tuesday, 30 April 2013 - 02:00 pm

Share |
wikimedia.org

ilustrasi

Intisari-Online.com – Hari Malaria Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 25 April 2013. Meski saat ini jumlah kasus malaria terus menurun, namun di beberapa negara tropis, malaria masih menjadi ancaman utama. Oleh karena itu, masyarakat di daerah ini harus mengetahui gejala dan pencegahan malaria.

Malaria adalah penyakit berbahaya yang ditularkan oleh nyamuk. Jika tidak segera didiagnosis dan diobati, akibatnya bisa fatal. Daily Bhaskar menuturkan beberapa fakta tentang nyamuk, seperti berikut ini.

  • Nyamuk betina hidup lebih lama.
    Nyamuk betina bisa hidup dua kali lebih lama dibandingkan dengan nyamuk jantan. Ketika nyamuk jantan hidup maksimal dua minggu, nyamuk betina dapat hidup lebih dari sebulan.

  • Hanya nyamuk betina yang menggigit.
    Hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah untuk memberi makan telurnya.

  • Nyamuk tertarik pada bau.
    Nyamuk tertarik dan berburu bau. Bau yang membuat nyamuk tertarik adalah bau keringat dan karbon dioksida.

  • Jumlah spesies nyamuk.
    Meskipun hanya ada beberapa nyamuk yang diketahui menyebabkan penyakit berbahaya, namun sebenarnya di dunia ini ada banyak spesies nyamuk. Di seluruh dunia setidaknya, ada lebih dari 3.000 jenis nyamuk.

  • Nyamuk tumbuh pesat.
    Karena hanya bisa bertahan dalam waktu dua minggu sampai satu bulan, nyamuk memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Nyamuk mampu makan sendiri setelah berumur hanya empat hari. Setelah itu mereka juga mampu bertelur dan berkembang biak.

Nah, fakta-fakta tadi bisa digunakan untuk melindungi diri dari serangan nyamuk di sekitar kita.

Dibaca 1175 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014