Ini Harus Dilakukan Para Pemimpin

author : Birgitta Ajeng
Tuesday, 23 April 2013 - 07:00 am

Share |
growingleaders.com

ilustrasi

Intisari-Online.com - Untuk mencapai keberhasilan, sebuah perusahaan harus "melek" terhadap perubahan zaman. Namun perubahan hanya dapat dilakukan oleh para pemimpin perusahaan yang bersedia mengubah dirinya sendiri terlebih dulu, demikian menurut Barbara Trautlein, penulis buku Change Intelligence: Use the Power of CQ to Lead Change that Sticks (Greenleaf Book Group Press, 2013).

Kata Trautlein, "Kepemimpinan adalah kunci sukses sebuah perusahaan." Ia menambahkan, "Hal ini mungkin untuk mencapai kesuksesan dan perubahan, jika dipimpin secara efektif."

Agar perusahaan mampu mencapai keberhasilan, Trautlein menawarkan beberapa cara kepada para pemimpin perusahaan untuk menjadi pemimpin yang lebih baik. Berikut pemaparannya.

  1. Ubah peran Anda

    Pertahanan di dalam sebuah perusahaan bagaikan sistem kekebalan di dalam tubuh manusia, yang melindungi dari serangan bahaya. Sama seperti nyeri di dalam tubuh yang menjadi gejala adanya penyakit, hambatan, baik yang datang dari dalam maupun luar perusahaan, adalah sebuah tanda yang harus diperhatikan oleh manajer. Hambatan yang ada bukan untuk dibasmi, namun untuk dikendalikan. Agar mampu menjadi pemimpin yang efektif, Anda perlu melihat hambatan sebagai sekutu, bukan musuh.

  2. Ubah sikap Anda

    Daripada Anda merasa sedang bersaing dengan orang lain, lebih baik Anda memikirkan bahwa Anda sedang bekerja sama dengan orang lain untuk memecahkan masalah. Ubahlah diri Anda mulai dari perasaan dan sikap terhadap orang lain dalam bekerja.

  3. Mengubah cara pandang Anda

    Anda perlu mengubah cara pandang Anda dalam mengambil keputusan. Sebelum mengambil keputusan, Anda perlu berpikir dari "kacamata" karyawan terlebih dulu. Misalnya, Anda ikut merasakan tekanan yang dirasakan karyawan.

    Sebagai pemimpin, Anda perlu melakukan pendekatan kepada karyawan, sehingga Anda mengetahui kebutuhan mereka. Selain itu, Anda perlu mengubah gaya Anda dalam memperlakukan karyawan.

  4. Ubah strategi Anda.

    Seringkali, perubahan yang sudah Anda rencanakan tidak bisa dimengerti dan dilaksanakan oleh karyawan. Bila demikian, Anda perlu menjelaskan kepada karyawan tentang alasan dan cara yang harus dilakukan untuk mencapai perubahan. Karyawan perlu diberi penjelasan agar mereka memahami visi, misi dan tujuan perubahan Anda. Dan, Anda perlu menjelaskan target-target yang harus dicapai.

"Cara-cara di atas adalah tentang bagaimana mengubah pola pikir dan perilaku para pemimpin, " kata Trautlein. Siapkah Anda berubah untuk mencapai sukses? (BusinessNewsDaily)

Dibaca 2940 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014