Jika Anda pelaku usaha UKM dan saat ini menghadapi persoalan kekurangan dana,…" />

Jejaring! Kunci Sukses UKM

author : Olivia Lewi Pramesti
Wednesday, 09 March 2011 - 11:15 am

Share |

Modal memang penting dalam bisnis. Namun, tanpa jejaring modal tak berarti apa-apa.

Jika Anda pelaku usaha UKM dan saat ini menghadapi persoalan kekurangan dana, tak usah khawatir. Dana bisa diperoleh dari manapun: investor, bank, atau lembaga keuangan lainnya. Managing Director Putera Sampoerna Foundation Nenny Soemawinata menyatakan, UKM memiliki peluang besar untuk mendapatkan dana dari investor. Asalkan memiliki rencana bisnis yang komprehensif beserta ide strategi pemasaran produk yang menarik.

"Investor lebih melihat UKM yang terintegrasi dengan baik, tentu dibarengi inovasi, kreativitas, finishing, serta peredarannya di pasar saat mengucurkan dana," kata Nenny dalam seminar Bisnis Sosial dan Peluang Pemberdayaan Masyarakat yang Berkesinambungan di Jakarta (3/3).

Menurut Nenny, kendala bagi investor dalam mengucurkan dana terletak pada kemampuan pelaku UKM menyusun perencanaan bisnisnya. Di Indonesia sendiri, pelaku UKM masih dalam tahap mengeluarkan ide dan kreativitas. Belum sampai pada tahap finishing atau peredaran di pasaran. Karena itulah, investor ragu mengucurkan dana karena takut dana yang diberikan justru tidak dikembangkan dengan baik.

Banyak keuntungan yang diperoleh oleh UKM jika sudah mendapatkan kucuran dana dari investor. Selain dapat mengembangkan usahanya kembali, pelaku juga mudah mendapatkan jaringan dari berbagai pihak. Banyaknya jejaring membuat wawasan dan pengetahuan bertambah hingga berimbas pada kemajuan usaha yang ditandai dengan pemasaran produk yang makin luas. Bahkan tak menutup kemungkinan pula, pelaku UKM justru bisa menjadi calon investor baru bagi UKM pemula.

Hal senada juga diungkapkan oleh Praktisi dan Pelatih Kewirausahaan di Bogor, Sutie Rahyono yang menyatakan bahwa dalam mengembangkan bisnis UKM dibutuhkan perencanaan yang matang, dari ide, dana, segmentasi, pemasaran produk, sumber daya, kreativitas, dan lainnya. Yang terpenting lagi, lanjutnya, pelaku UKM harus memiliki jejaring kuat dalam mengembangkan usahanya. Seperti yang dialami dirinya, bahkan tanpa modal pun, Sutie bisa sukses mengelola bisnis UKM makanan hingga sekarang ini.

"Jejaring itu yang perlu untuk pelaku UKM. Semakin banyak jejaring makin bagus pula kelangsungan usahanya. Tambah wawasan dan pengetahuan serta bisa mempelajari banyak hal dari pelaku lain," kata Sutie.

Dibaca 1908 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014