Lima Langkah Bagi Keseimbangan Hormon

author : K. Tatik Wardayati
Tuesday, 30 August 2011 - 08:00 am

Share |
istimewa

Cukup tidur cara efektif menjaga keseimbangan hormon.

Intisari-Online.com - Keseimbangan hormon berperan penting bagi kondisi fisik dan psikologis. Bila hormon tidak seimbang maka mudah emosional dan sangat sensitif fisiknya.

“Hormon digunakna dalam setiap sel tubuh dan Andalah penyeimbang hormon utama,” menurut dr. Erika Schwartz, penulis buku The Hormone Solution, seperti dikutip Oprah.

Jika Anda merasa sedang emosional, itu bisa pertanda bahwa kondisi hormonal tidak seimbang. Untuk memperbaikinya, cobalah lima langkah berikut.

  • Cukup tidur
    Kualitas tidur di malam hari adalah cara yang paling efektif dan alami untuk menyeimbangkan hormon. “Jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur selama tujuh atau delapan jam, maka hormon tidak akan seimbang,” jelas dr. Erika.
  • Makan sehat
    Diet memiliki dampak besar pada kondisi hormon. Dr. Erika menyarankan untuk mengurangi konsumsi produk susu guna keseimbangan hormon. Juga kurangi pemanis buatan, alkohol, dan kafein. Lebih baik mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan B, boleh juga dalam bentuk suplemen.
  • Mengurangi stres
    Istirahat, refleksi, meditasi merupakan cara terbaik mengurangi stres. Cobalah sempatkan diri menenangkan pikiran, bisa dilakukan sebelum beraktivitas atau sebelum tidur.
  • Olahraga
    “Anda harus bergerak sehingga tubuh memproduksi hormon yang membuat perasaan menjadi lebih baik,” menurut Erika. Jika Anda sudah melakukan olahraga tetapi kondisi emosionnal dan fisik tidak membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter.
  • Konsultasi dengan dokter
    Jangan pernah meremehkan kondisi hormonal, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mengetahui secara rinci. Misalnya, kelebihan produksi hormon estrogen dan testosteron bisa menyebabkan depresi dan risiko penyakit tertentu.

Tetaplah menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh agar sehat fisik dan psikologis!

Dibaca 6135 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014