Makanan Yang Bikin Usus Anda Sehat

author : K. Tatik Wardayati
Friday, 19 August 2011 - 11:30 am

Share |
morgueFile

Mulailah hari dengan sarapan yang kaya serat, seperti havermout yang bisa dicampur dengan buah-buahan kaya serat.

Saat pencernaan tidak sehat, bisa jadi Anda mengalami sembelit. Proses yang lambat dalam pencernaan menyebabkan rasa tidak nyaman pada usus besar.

Bila hal ini terjadi dalam jangka panjang, maka banyak penyakit yang bersarang di tubuh, salah satunya kanker usus besar. Membersihkan usus besar dengan diet yang tepat adalah salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan usus besar.

Langkah 1

Mulailah hari dengan sarapan yang kaya serat. Menurut Mayo Clinic, setiap hari setidaknya makanlah 20-35 gram serat. Dianjurkan pula sarapan dengan buah yang kaya serat seperti apel, kurma, mangga, dan buah prune. Bisa hanya buah-buahan saja atau dicampur dengan havermout dan sereal.

Langkah 2

Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa dikonsumsi sebagai camilan sepanjang hari. Mengandung lemak sehat dan membantu meningkatkan serat dalam diet Anda. Segenggam biji rami dicampur dengan jus buah atau beberapa buah kenari dicampurkan dalam salad sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan serat dalam camilan Anda.

James F. Balch, M.D, penulis Prescription for Natural Cures menyarankan makan setidaknya 1 – 2 sendok makan biji rami (flaxseed) setiap hari dapat membuat usus besar Anda tetap sehat. Flaxseed adalah biji tanaman rami, yang dipercaya berasal dari Mesir. Tanaman ini tumbuh di seluruh Kanada dan barat laut Amerika Serikat.

Langkah 3

Tambahkan kacang-kacangan dalam menu sehari-hari. Contohnya, selai kacang untuk sarapan atau kacang hijau untuk makan malam. Kacang akan membersihkan usus. Bisa juga menambahkan kacang pada salad segar dan sayuran mentah yang akan menambah kelezatannya.

Langkah 4

Makanan yang difermentasi baik untuk menjaga kesehatan usus besar. Balch menyarankan menambahkan yoghurt pada menu Anda. Makanan ini membantu menyeimbangkan flora usus dan menjaga keteraturan gerakan usus.

Langkah 5

Minumlah banyak air untuk menjaga kesehatan usus besar. Mayo Clinic menyarankan minumlah air dalam jumlah yang cukup sehingga tubuh terhidrasi. Kebutuhan air juga tergantung pada banyak faktor, termasuk usia, tingkat aktivitas, kesehatan secara keseluruhan dan kriteria lainnya. Yang penting, pastikan untuk menyiapkan segelas air di meja dan bawalah selalu air dalam botol selama perjalanan. Jangan sampai tubuh terlalu haus.

(Sumber: MedicMagic)

Dibaca 2806 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014