Manfaat Buah Plum Untuk Tulang

author : K. Tatik Wardayati
Friday, 30 March 2012 - 08:00 am

Share |
en.wikipedia.org

Plum bekerja menekan kehilangan tulang yang biasanya terjadi ketika usia meningkat.

Intisari-Online.com – Plum mungkin lebih dikenal karena manfaatnya untuk mengatasi sembelit, tapi ternyata memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Para ilmuwan menemukan, wanita yang telah mengalami menopause akan terhindar dari serangan osteoporosis dan patah tulang dengan mengonsumsi sekitar 10 buah plum sehari.

Menurut Daily Mail, University of Florida dan Oklahoma telah menunjukkan, plum kering lebih menguntungkan dariapda buah ara, kurma, stroberi, apel, atau kismis kering untuk meningkatkan kepadatan tulang. Plum bekerja menekan kehilangan tulang yang biasanya terjadi ketika usia seseorang meningkat.

“Sepanjang karir saya, banyak buah-buahan yang telah saya uji untuk melihat dampaknya pada tulang. Tapi tak satu pun yang memiliki efek seperti plum,” kata Bahram H. Arjmandi, Profesor di University of Florida yang juga kepala Kepala Departemen Ilmu Gizi, Makanan, dan Olahraga Amerika Serikat. Semua buah dan sayuran, katanya, mengandung nutrisi yang baik. Tapi hanya beberapa yang kandungan isinya memberikan manfaat bagi tulang.  

Arjmandi bersama dengan sekelompok peneliti melakukan tes untuk dua kelompok wanita menopause. Untuk satu tahun, kelompok pertama terdiri dari 55 wanita, diminta mengonsumsi 100 gram plum kering atau setidaknya 10 plum sehari. Sedangkan kelompok lain diminta untuk makan apel kering dalam dosis yang sama.

Berdasarkan penelitian, terlihat semua peserta mendapat kalsium dan vitamin dari kedua buah-buahan tersebut. Namun, kelompok yang makan plum kering memiliki mineral yang membuat tulang-tulang mereka lebih padat di bagian ulna dibandingkan dengan kelompok lainnya. Ulna adalah salah satu dari dua tulang panjang yang terletak di lengan bawah dan tulang belakang.

“Dalam 5 – 7 tahun pertama setelah menopause, wanita berisiko kehilangan tulang sekitar 3 – 5% per tahun,” kata Arjmandi. “Tapi ini tidak hanya terjadi pada wanita, pria berusia sekitar 65 tahun akan mengalami hal yang sama seperti wanita.”

Dia menyarankan untuk tidak menunggu sampai patah tulang atau mengalami osteoporosis dan membutuhkan bantuan dokter. Lakukan sesuatu yang berarti dan praktis, seperti makan buah ini. Plum dapat dimakan dalam bentuk apapun dan dapat disajikan dalam resep kue, misalnya.

Dibaca 6302 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014