Membedakan Telur Mentah dan Matang

author : Agus Surono
Wednesday, 21 March 2012 - 09:07 am

Share |
Open Photo

Dengan diputar bisa ketahuan sebuah telur masih mentah atau sudah direbus.

Intisari-Online.com - Suatu malam Anda kelaparan dan ingin memasak mi goreng. Tentu tidak lengkap jika tidak ada telur ceplok atau telur dadar. Tidak menjadi mi goreng istimewa! Anda membuka lemari pendingin dan menemukan beberapa butir telur ada di sana. Masalahnya, Anda tidak tahu mana telur yang mentah dan mana yang sudah matang? Soalnya Anda juga menyimpan telur rebus untuk dimakan sebagai sarapan. Bagaimana tanpa perlu memecahkan kulit telur Anda bisa tahu itu masih mentah?

Gampang saja! Letakkan telur itu di atas permukaan yang licin, lalu telur itu kita putar. Telur yang sudah matang akan berputar lebih lama dibandingkan dengan telur mentah.

Mengapa begitu? Pada telur matang, gerakan berputar dengan segera dan serempak dilakukan oleh kulit dan isinya. Sementara pada telur mentah, isinya yang cair mula-mula masih tetap diam karena pengaruh kelembamannya. Karena antara kulit dan isi yang cair terjadi pergesekan yang kuat, dan perpindahan gerak berputar yang terjadi dengan lambat ke isi telur mengakibatkan kulitnya seperti direm.

Jadi, telur mentah tidak bisa begitu lama berputar seperti telur yang sudah matang direbus. (Mengapa Bisa Begitu?

Dibaca 1878 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014