Mengakali Koneksi Internet yang Lambat

author : Ade Sulaeman
Saturday, 01 December 2012 - 09:00 am

Share |
computerhowtoguide.com

Ilustrasi.

Intisari-Online.com - Baru-baru ini Indonesia dinyatakan sebagai negara yang koneksi internetnya paling lambat se-Asia. Jika melihat hal tersebut, tentunya sulit untuk mengharapkan kecepatan internet di Indonesia setara dengan negara-negara lain. Untungnya, beberapa hal masih dapat diakali untuk mempercepat koneksi internet.

Sebelum melangkah pada cara-cara tersebut, pastikan terlebih dahulu tanda-tanda lambatnya koneksi internet. Salah satu cara mudah untuk melihat cepat atau lambatnya adalah dengan mencoba memutar video secara daring. Apabila saat memainkan sebuah video di YouTube Anda harus menunggu lebih dari lima menit, maka kemungkinan besar koneksi internet Anda lambat.

Cara lainnya adalah dengan mencoba situs tes gratis yang tersedia secara daring seperti speedtest.net atau Internet Speed Test. Lakukan beberapa tes pada waktu yang berbeda, kalau bisa lebih dari seminggu, karena kecepatan akan sangat berbeda tergantung berapa orang yang menggunakan layanan internet.

Setelah memastikan seberapa cepat koneksi internet, saatnya melakukan langkah-langkah untuk mempercepatnya. Pertama, tutup browser tabs dan program-program yang tidak diperlukan. Untuk di PC bisa dengan membuka Task Manager dan melihat aplikasi apa yang bisa ditutup. Untuk Mac, buka logo Apple di sudut kiri atas layar dan pilih Force Quit untuk melihat dan menutup aplikasi.

Ekstensi browser juga dapat menyebabkan halaman Web berjalan lambat. Coba matikan ekstensi dengan membuka pengaturan browser, pilih “ekstensions” atau “add-ons” (tergantung browser-nya) dan matikan mereka satu per satu untuk menemukan “pelakunya”. Setelah ditemukan, ­uninstall bisa jadi pilihan.

Langkah berikutnya dapat dilakukan bila pengguna internet di rumah Anda terlalu banyak dan kerap menggunakan koneksi internet dalam waktu yang bersamaan. Untuk mengatasinya, jika memungkinkan, hubungkan internet menggunakan kabel Ethernet, yang pada dasarnya lebih cepat dibandingkan Wi-Fi dan mengurangi kerja dari router. Cara lainnya adalah dengan mengatur jadwal penggunaan.

Terkadang usaha apa pun yang dilakukan untuk mempercepat koneksi internet tidak berguna karena beberapa faktor. Misalnya apabila terjadi “internet delays”, karena semua orang membuka situs yang sama seperti yang terjadi di situs Apple saat dia meluncurkan sebuah produk baru.

Jika Anda secara konsisten mengalami koneksi internet yang lambat, bahkan setelah menempuh cara-cara “mempercepat” tadi, maka langkah yang dapat dilakukan adalah mengganti dengan paket layanan internet yang lebih cepat. Namun, perlu diingat, tidak akan terlalu cepat apabila masih dilakukan di Indonesia. (TechNewsDaily)

Dibaca 4476 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014