Obat Alami Mengatasi Mata Lelah

author : K. Tatik Wardayati
Tuesday, 19 June 2012 - 05:12 pm

Share |
houry.wordpress

Gunakan irisan mentimun pada kelopak mata untuk mengatasi mata lelah.

Intisari-Online.com – Apa yang bisa Anda lakukan jika Anda sudah membuat mata “bekerja” keras? Bisa-bisa Anda malahan menyalahkan pundak atau profesi Anda yang menuntut menatap layar komputer selama berjam-jam. Mata tidak bisa terus-menerus bekerja, pada suatu titik mata akan merasa lelah. Bagaimana mengobati mata lelah?

  • Gunakan kompres dingin. Jika mata gatal atau merah, cobalah gunakan obat yang paling sederhana ini. Rendam kain dalam air es, lalu gunakan sebagai kompres pada wajah sampai kain menghangat. Kompres kembali dengan air dingin sampai rasa gatal mereda.
  • Cuci dengan air dingin. Cucilah mata dengan air dingin, beberapa kali sehari. Perawatan ini mengurangi peradangan, melembabkan kulit/jaringan, merilekskan mata, membantu mata lelah.
  • Tekan dengan bola kapas yang dicelupkan pada susu dingin. Ambil semangkuk susu dingin. Celupkan bola-bola kapas dan  kompres pada mata anda.
  • Irisan mentimun. Potong mentimun atau kentang dan taruh pada kelopak mata selama 15 – 20 menit.
  • Taruh sendok dingin di bawah mata. Ini merupakan salah satu pengobatan sederhana untuk mata lelah. Masukkan dua sendok ke dalam freezer. Keluarkan sendok saat sudah dingin dan taruh di bawah mata untuk mengurangi bengkak. Tapi, jangan bekukan sendok.
  • Rendaman bola kapas pada minyak lavender. Dalam mangkuk air, tambahkan beberapa tetes minyak lavender. Rendam bola kapas, lalu letakkan di kelopok mata. Diamkan beberapa saat.
  • Taruh stroberi dingin di kelopak mata. Simpan stroberi di lemari es selama beberapa menit, lalu taruh di kelopak mata. Ini juga bermanfaat untuk mengobati mata lelah.
  • Gunakan asam borat. Rebus 2 gelas air. Tambahkan sedikit asam borat. Setelah didinginkan, gunakan untuk mencuci mata.
  • Gunakan kantung teh dingin. Gunakan kantong teh dari jenis apapun setelah membuat minuman teh di rumah. Rebus air dalam panci kecil dan tambahkan dua kantong teh. Setelah mendidih selama 5 menit, angkat dan dinginkan. Setelah semuanya dinign, pakailah kantong teh pada kelopak mata dan rilekskan. Ini berguna untuk mengurangi gatal, mengurangi lingkaran hitam dan bengkak, nyeri serta mata merah. Sebagai alternatif, kombinasikan dengan obat alami lain dan rendam waslap dalam teh dingin untuk kompres. Ini digunakan untuk mendapatkan efek menenangkan.
  • Rendaman bola kapas dalam air mawar. Rendam bola kapas ke dalam air mawar, atau air mint, lalu letakkan di kelopak mata tertutup. Diamkan beberapa saat.

Mata kita diberkati dengan kekuatan untuk memahami apa yang sedang terjadi dalam pikiran orang lain. Mata kita juga memberitahu tentang indah serta gelapnya dunia ini. Karena itu jagalah kesehatan mata yang selalu membantu kita melihat dunia ini.  (*)

Dibaca 3436 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014