Obat Sakit Gigi Alami

author : K. Tatik Wardayati
Tuesday, 06 March 2012 - 08:00 am

Share |
Intisari/Ktw

Bawang putih mengandung senyawa antiseptik yang bisa menyembuhkan sakit karena gigi berlubang.

Intisari-Online.com – Sakit gigi merupakan keluhan yang paling populer dan bisa membuat orang sangat emosional. Cara terbaik mengatasi sakit gigi tentu saja memperbaiki gigi yang bermasalah dengan datang ke dokter gigi. Namun, ada beberapa obat alami yang bisa digunakan sebelum Anda pergi ke dokter gigi.

Sakit gigi bisa disebabkan oleh gigi berlubang atau infeksi pada gusi atau gigi. Kondisi ini hanya dapat diobati oleh keterampilan dokter gigi. Obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit hanya sebagai langkah darurat untuk mengatasi rasa sakit sementara. Membiarkan sakit gigi yang tidak diobati, tentu saja akan membuatnya kambuh lagi.

Berikut ini beberapa cara alami dan bahan-bahan alami untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada gigi sebelum Anda pergi ke dokter gigi, seperti dimuat oleh Livestrong.

  • Bawang putih

    Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd, bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Ambil satu siung bawang putih dan letakkan di gigi. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.

  • Teh

    Dalam buku Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch, dikatakan teh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Teh panas membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat.

  • Es batu

    Menggunakan es batu dikenal untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada gigi dan gusi. Masukkan es batu dalam kantong kain atau ke area sakit dan biarkan selama 5 – 10 menit. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari, tapi bila kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter.

  • Minyak cengkih

    Sebuah penelitian pada Journal of Dentistry tahun 2006 menemukan, minyak cengkih juga bisa meringankan sakit gigi.

    Berikan 2 – 3 tetes minyak cengkih ke kapas kemudian gosokkan pada gigi. Jika menggunakan cengkih, basahi dulu dengan air liur atau kunyah-kunyah sebelum dimasukkan pada gigi.

  • Cabe rawit

    Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.

Dibaca 4088 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014