Pena Pembuat Gambar 3D

author : Ade Sulaeman
Sunday, 24 February 2013 - 11:00 pm

Share |
uncrate.com

3doodler, pena 3 dimensi.

Intisari-Online.com - Sebuah pena menggunakan tinta dari plastik sehingga memungkinkan kita menggambar secara 3 dimensi (3D). Pena yang ditemukan oleh Peter Dilworth dan Maxwell Bogue ini diberi nama 3Doodler. Setiap orang yang menggunakannya diberika kebebasan untuk membuat patung atau karya 3 dimensi lainnya.

Kita tinggal memegang 3Doodler layaknya memegang pena biasa. Hanya saja, dalam membuat karya, kita tidak perlu menuliskannya pada suatu papan atau alas tertentu melainkan bisa langsung menuliskannya di udara.

“Tinta” plastiknya lembut saat berada dikeluarkan, namun segera setelah itu tinta akan langsung mengeras sehingga dapat membentuk suatu struktur yang stabil. Plastik yang digunakan sebagai tinta ini sama dengan yang digunakan dalam mesin pencetak 3D, yaitu ABS.

Video demonstrasi di bawah ini menunjukkan beberapa karya yang dapat dilakukan dengan pena ini: misalnya mengangkat pena dari suatu permukaan sehingga meninggalkan suatu garis yang berdiri tegak lurus. Jika terasa kurang kokoh, kita tinggal “menuliskan” beberapa fondasi atau tiang penyangga.

Meski terasa mudah, sebenarnya masih mungkin muncul beberapa rintangan dalam menggunakan pena ini. Saat menggambar, dibutuhkan tangan yang stabil, dan itu akan lebih lambat dibandingkan menggunakan pena biasa. Kita juga harus menyadari apa yang kita “tulis” sebenarnya berdiri di atas bebannya sendiri.

Berminat? Siapkan AS$75 atau sekitar Rp728 ribu untuk memilikinya dan kunjungi situs Kickstarter. Perlu diketahui, dengan harga tersebut, Kickstarter berhasil mengumpulkan dana sebesar AS$830,000 (sekitar Rp8 miliar). Padahal target awalnya “hanya” AS$30,000 atau sekitar Rp291 juta. (Discovery News)

Dibaca 1742 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014