Pompa Air Tenaga Surya

author : Agus Surono
Saturday, 09 June 2012 - 08:00 am

Share |
sunvention.com

Memanfaatkan sinar matahari untuk mengangkat air dari kedalaman.

Intisari-Online.com - Di daerah terpencil dari listrik, air tak jarang menimbulkan masalah. Ada sumber namun untuk mengaksesnya susah. Nah, menggunakan peralatan sunpulse water yang dikembangkan oleh Politeknik Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Solo ini persoalan bisa diatasi.

Sunpulse water menggunakan prinsip kerja mesin stirling, yakni mesin regenerasi udara panas siklus tertutup (mesin kalor/panas) dengan temperatur rendah. Mesin stirling ditemukan pertama kali oleh Robert Stirling tahun 1819. Mesin ini memanfaatkan fluida kerja udara. Perbedaan temperatur udara akan membuat mesin berputar.

Tahun 1980, Hans Kleinwaechter memanfaatkan mesin stirling untuk pompa air. Penelitiannya dilanjutkan sang anak, Juergen Kleinwaechter lewat Sunvention International. Dengan lembaga inilah ATMI bekerja sama membuat mesin sunpulse water.

Mesin ini memanfaatkan sinar matahari yang dikumpulkan booster berbentuk seperti parabola dari bahan kertas alumunium berlapis plastik. Booster akan mengumpulkan sinar matahari dan memantulkan ke pelat besi bercat hitam yang dipasang sebagai dasar mangkok parabola. Panas yang terkumpul di pelat besi akan meningkatkan suhu udara dalam ruang di bawahnya. Panasnya bisa mencapai 100 - 120 derajat Celcius.

Udara ini lantas dialirkan ke pendingin yang berbentuk pipa bersirip. Suhu udara yang didinginkan mencapai 40 - 50 derajat Celcius. Pemindahan udara dilakukan oleh alat yang bernama displacer, yang sekaligus berfungsi sebagai pemisah udara panas dengan dingin yang dihasilkan.

Fluktuasi tekanan yang dihasilkan dari perbedaan antara suhu panas dan suhu dingin akan menggerakkan piston ke atas dan ke bawah, lalu menggerakkan roda putar melalui engkol poros. Gerakan ini dimanfaatkan untuk memompa air.

Sunpulse water mampu menghasilkan tenaga hidrolik 300 Watt dengan kemampuan mengisap air hingga kedalaman tujuh meter dan menaikkan air hingga ketinggian 15 m. Kita hanya perlu memutar roda pada saat awal sebagai starter. Setelah itu air akan terpompa sepanjang ada tenaga.

Mesin ini membutuhkan ruang yang lapang, yakni 4 x 4 x 4 meter, tapi bisa dibongkar pasang dan ditempatkan dalam kontainer ukuran 2 x 2 x 2 meter. Bobotnya 550 kg. (Kompas

Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014