Seputar Gigi Balita

author : Agus Surono
Wednesday, 18 January 2012 - 01:25 pm

Share |
giglig.com

Menggigit-gigit barang bisa merangsang tumbuhnya gigi.

Intisari-Online.com - Selain belum bisa berjalan atau tengkurap, belum tumbuhnya gigi pada balita sering menjadi kecemasan orangtua yang baru memiliki balita pertama kali. Banyak yang khawatir dan lalu konsultasi ke dokter. Padahal, pertumbuhan balita yang satu dengan yang lain tidak sama persis.

Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar gigi balita yang termuat di buku Seri Kesehatan 220 Tanya Jawab Soal Balita.

  • Mengapa gigi anak saya (10 bulan)  belum tumbuh satu pun? Apakah dia kekurangan kalsium? Berat badannya saat lahir 2,95 kg, sekarang 8,7 kg.

    Pertumbuhan gigi anak sangat bervariasi tergantung pada pertumbuhan serta perkembangan anak dan makanan yang dikonsumsinya. Semakin anak diperkenalkan pada makanan keras, pertumbuhan rahangnya semakin terangsang. Secara otomatis gusi menipis dan gigi akan cepat tumbuh.

    Pertumbuhan gigi susu pada anak baik atas maupun bawah, sangat bervariasi, sekitar 6 – 8 bulan. Faktor keterlambatan bisa diakibatkan oleh terlambatnya pertumbuhan benih gigi atau oleh ketebalan gusi. Untuk mempercepat pertumbuhan giginya, Anda dapat merangsangnya dengan alat untuk menggigit dan memberikan suplemen vitamin yang mengandung kalsium. Untuk melihat ketebalan gusi, pergilah ke dokter gigi.

    Adapun tanda-tanda gigi mau tumbuh: banyak mengeluarkan air liur akibat terangsang oleh pertumbuhan gigi dan gusi anak menjadi gatal. Untuk memastikan apakah benar giginya akan tumbuh, rabalah gusinya. Bila teraba ada yang tajam, itu pertanda giginya akan tumbuh.

  • Gigi anak saya (1 tahun) baru 4 buah, 2 di atas dan 2 di bawah. Dulu pertumbuhannya juga dirangsang dengan kalsium yang diberikan oleh dokter. Tapi setelah kelihatan pertumbuhan giginya pemberian kalsium itu dihentikan. Apakah sebaiknya pemberian kalsium tetap dilanjutkan?

    Pada usia 1 tahun memang kadang kala seorang anak baru mempunyai empat gigi. Jika pada usia 13 bulan belum ada gigi lain yang tumbuh, sebaiknya bawa anak Anda ke dokter gigi.

    Pemberian kalsium memang baik untuk pertumbuhan gigi, tapi sebaiknya sesuai anjuran dokter.

  • Gigi bawah anak kedua saya (6 bulan) baru tumbuh. Sejak beberapa hari ini ia sering menangis. Malam pun tidurnya gelisah. Apakah hal ini disebabkan oleh pertumbuhan giginya? Apakah ada obat yang perlu diberikan untuk mengurangi rasa sakit akibat pertumbuhan gigi?

    Proses pertumbuhan gigi pada setiap anak berlainan. Mungkin anak Anda rewel akibat proses pertumbuhan giginya. Untuk membantu menghilangkan rasa sakitnya, berikan saja mainan dari karet yang dapat digigit oleh anak Anda. Pemakaian obat untuk mengurangi rasa sakitnya tidak diperlukan, tapi kalau rasa sakitnya mengganggu segera pergi ke dokter.

  • Mengapa gigi belakang anak perempuan saya (2,5 tahun) belum juga tumbuh?

    Seharusnya, gigi anak tumbuh lengkap selambatnya pada usia 2,5 tahun. Jika pada usia ini gigi anak Ibu belum tumbuh lengkap, sebaiknya Ibu mengonsultasikan hal ini pada dokter gigi.

  • Gigi anak laki-laki saya (11 tahun) besar-besar dan letaknya tak beraturan. Kami sudah membawanya ke dokter gigi tapi disarankan agar menunggu sampai seluruh gigi susunya tanggal, baru kemudian dirawat dengan kawat. Apakah mungkin dilakukan pencabutan gigi susunya agar bisa dirawat sedini mungkin? Apakah perawatan gigi dengan kawat ada yang berbiaya murah?

    Gigi susu akan tanggal dengan sendirinya bila gigi tetap telah ada di bawahnya. Jadi, mencabut paksa gigi susu tidak akan membantu, malah akan membuat si Kecil sulit makan.

    Mengenai harga kawat gigi tergantung pada bahan yang digunakan. Mungkin Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi anak Anda.

Dibaca 2682 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014