'Setrika' Wajah demi Kerutan

author : Agus Surono
Tuesday, 11 December 2012 - 11:06 am

Share |
lancerskincare.com

Meski termasuk tindakan non-invasif, namun setrika wajah tidak bisa dilakukan pada sembarang orang.

Intisari-Online.com - Tanya: Dr Lalan, saya seorang Ibu berusia 29 tahun dengan dua orang anak, ingin menanyakan soal kerutan yang timbul di wajah, terutama di dahi dan pinggiran mata. Padahal kalau saya perhatikan teman-teman sebaya mereka belum memilikinya. Jadi kalau kumpul sama teman, saya kok terlihat lebih tua.

Ada teman yang menyarankan untuk melakukan setrika wajah. Apa sebenarnya setrika wajah itu dan bagaimana pendapat dokter?

Terima kasih. (Maya - Jakarta)

Jawab:

Dear Ibu Maya,

Persoalan kerutan pada wajah memang sering menjadi kerisauan orang terutama kaum wanita. Persoalan kerutan biasanya muncul pada usia yang sudah lanjut sehingga wajar jika wanita yang memiliki kerutan merasa dirinya tidak muda lagi.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memperoleh kerutan dini pada wajahnya adalah sering terpapar sinar matahari langsung maupun tidak langsung, perokok pasif/aktif, serta kurang peduli terhadap kesehatan kulit wajahnya.

Kerutan wajah dini bisa dicegah dengan menghindari hal-hal yang disebut di atas, misalnya menggunakan krim tabir surya (sunscreen), menggunakan kosmetika yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit, serta perawatan wajah yang rutin.

Setrika wajah

Saat ini dengan makin berkembangnya teknologi termasuk di bidang kecantikan, kerutan wajah bisa dihilangkan/disamarkan dengan alat yang sehari-hari diistilahkan dengan "setrika wajah" atau Radio Frequency Treatment yang sering disingkat dengan RF saja. Jadi, bukan disetrika dengan setrika yang biasa digunakan sehari-hari di rumah tangga lo Bu. Berbeda sekali. 

Setrika wajah ini menggunakan elektroda-elektroda untuk mengencangkan kulit dan mengurangi garis-garis wajah atau kerutan. Hasilnya kulit wajah akan lebih kencang, kenyal, dan terangkat. Hal ini bisa terjadi karena dengan adanya panas (lebih tepat disebut hangat) yang terjadi pada kulit yang "disetrika", bisa meningkatkan produksi kolagen dan membuang racun-racun yang ada melalui sistem limfatik. Kulit yang telah "disetrika" itu pun akan bisa memperoleh nutrisi yang lebih banyak dan menjadi lebih sehat. 

Selain untuk mengurangi kerutan, "setrika" wajah dan leher juga bermanfaat untuk:

  1. Mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.
  2. Menyamarkan kantong mata.
  3. Membentuk wajah lebih tirus.
  4. Mengurangi kerutan pada leher.
  5. Membantu menyamarkan lipatan leher di bawah dagu (double chin).

 

Untuk mencapai hasil yang optimal, setrika wajah ini dikombinasi dengan perawatan wajah lainnya seperti: facial & peeling serta mengonsumsi suplemen anti-oksidan. 

Meskipun "setrika" wajah termasuk tindakan non-invasif (tanpa pisau bedah), ternyata tidak semua orang bisa disetrika kulitnya. Orang-orang di bawah ini perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum menjalani penyetrikaan:

  • Pengguna alat pacu jantung.
  • Penderita penyakit jantung.
  • Pasien yang telah memasang plat besi atau sendi buatan.
  • Pasien diabetes melitus.
  • Ada gangguan pada jaringan ikat dan otot.
  • Ibu Hamil dan menyusui.

Jangan lupa Bu Maya, kedisiplinan dalam hal ini sangat diperlukan. Penyetrikaan kulit wajah harus dilakukan rutin tergantung kondisi kulit. Dokter akan melihat seberapa sering perlu melakukan penyetrikaan. Semakin sering disetrika (tentu berdasarkan petunjuk dan nasihat dokter), hasil yang dicapai akan semakin optimal.

Semoga informasi ini bisa menjawab apa yang ditanyakan Ibu Maya.

dr. Lalan Melia, Dipl. CIDESCO
Klinik Kecantikan L'Melia
Jl Cempaka Putih Tengah XXX no. 5D

*Anda memiliki pertanyaan seputar kulit dan kecantikan? Kirimkan pertanyaan ke email ini.

Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014