Tinnitus, Telinga Berdenging

author : K. Tatik Wardayati
Sunday, 09 October 2011 - 10:00 am

Share |
everystockphoto

Bisa jadi karena terpapar oleh suara keras.

Intisari-Online.com - T: Beberapa waktu lalu, tiba-tiba saja telinga kiri saya terasa seperti berdengung. Suara di sekeliling saya rasanya jauh, dan seperti ada gemanya. Saya belum sempat sih ke dokter, soalnya beberapa hari kemudian hilang begitu saja. Mengapa telinga saya bisa demikian? Apakah itu berbahaya?

J: Suara berdengung atau denging yang terdengar di telinga itu disebut tinnitus.

Tinnitus adalah suara yang tidak jelas sumbernya yang hanya terdengar di telinga seorang penderita. Suara yang terdengar bisa bermacam-macam, bisa dengungan, denging, mengerik, deru, raungan atau siulan bahkan suara berdesis dengan tingkat gangguan berbeda-beda, dari yang tidak begitu mengganggu sampai yang bisa bikin stres!

Macam-macam penyebab tinnitus. Bisa karena liang telinga yang tersumbat, terpapar oleh suara keras, atau karena akibat reaksi terhadap obat tertentu (seperti aspirin, kuinidin, kuinin) juga bisa karena kebanyakan kafein. Tapi tinnitus juga bisa menjadi salah satu pertanda adanya suatu keadaan  medis yang serius (seperti darah tinggi atau rendahnya kadar hormon tiroid, jantung, alergi, dan anemia).

Memang, para ahli juga belum dapat memastikan mekanisme penyebab timbulnya suara itu. Karena itu penting pergi ke dokter dulu sebelum mengambil suatu tindakan.

Umumnya dokter akan memeriksa apakah ada infeksi, telinga tersumbat atau ada gangguan pendengaran. Dan ini biasanya terjadi pada kedua telinga  bukan salah satu saja.

Bagaimana mengatasinya?

Tanpa obat

Coba pikirkan apa kira-kira penyebabnya. Apa Anda sebelumnya menelan obat tertentu atau terpapar bunyi keras.

Bila akibat bunyi-bunyian keras, ya hindari bunyi-bunyian itu atau pakai penyumbat telinga bila Anda sering berhadapan dengan bunyi-bunyian yang dicurigai itu.

Bunyi-bunyian lain yang enak didengar, seperti musik misalnya, kadang dapat menutupi suara tinnitus yang mengganggu.

Hindari mengonsumsi nikotin, kafein, dan alkohol selama beberapa minggu, karena dapat memperburuk keadaan.

Mengonsumsi ekstrak tanaman Ginkgo biloba 40 – 60 mg, 3x sehari selama paling sedikit 6 minggu mungkin bisa menghilangkan tinnitus.

Obat/tindakan dokter

Bila tinnitus berkepanjangan dan sudah sampai taraf mengganggu, dokter akan menganjurkan pasien untuk menggunakan alat bantu dengar yang bisa mengatasi dan membuat pendengaran Anda jelas.

Selain itu ada terapi “auditory habituation”, dimasukkannya sebuah peralatan kecil ke dalam telinga yang senantiasa mengeluarkan suara “enak” yang lebih rendah daripada suara tinnitus. Tujuannya agar otak jadi terbiasa mengabaikan tinnitus. Cara ini agaknya banyak menolong. (Penyakit, Terapi dan Obatnya)

Dibaca 7175 kali
Share |
comments powered by Disqus
Login, Not yet registered
Kompas Gramedia Magazine copyright@2014